Upaya Pemkot Malang Pulihkan Sektor Wisata

Malang, SERU.co.id – Banyak obyek wisata yang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang berkunjung di Kota Malang. Membuat Pemkot Malang berupaya memulihkan sektor pariwisata.

Kepala Dinas Pemuda Oalahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni mengungkapkan, pemulihan sektor wisata akan berdampak bertumbuhnya roda perekonomian secara perlahan.

“Kita kuatkan di sektor wisata. Harapannya, pemerintah pusat mendukung sampai pemerintah kota. Sehingga kegiatan di hotel, restoran di Kota Malang, faktor lain selain pariwisata bisa bergerak,” seru Ida Wahyuni.

Pemulihan di Kampung Tematik melengkapi dengan Peduli Lindungi. Prokes yang disediakan oleh pelaku destinasi membuat pengunjung lebih nyaman dan pastinya sudah siap untuk menerima wasatawan.

Sejauh ini, okupansi hotel atau penginapan di Kota Malang sudah lumayan mengalami pertumbuhan. Di hari-hari biasa sekitar 60 sampai 70 persen. Sedangkan weekend sekitar 70 hingga 80 persen.

“Misalnya begini, Hotel A ada 200 kamar, dia terisi lebih kurang 80 kamar. Lalu seperti Hotel Tugu kamarnya sedikit, hanya 20 berapa, dia sudah terisi 15-an” jelasnya.

Sementara untuk kunjungan Kampung Tematik belum banyak dikunjungi. Akan tetapi pihaknya tidak tinggal diam, berkoordinasi dengan Forkom Pokdarwis untuk tetap menghidupkan kegiatan.

“Terutama berupaya untuk kesiapan mereka ketika kondisi sudah mulai normal, sudah banyak, sudah bersiap-siap,” imbuhnya.

Kampung Tematik yang beberapa terdampak banjir, Disporapar berpesan agar tetap berhati-hati dalam melakukan kegiatan. Karena bagaimanapun, dengan adanya kegiatan mampu menggerakkan ekonomi di daerah setempat.

“Kita sudah turun lapangan juga melihat kondisi dari dekat, memang berada di bantaran, sangat rawan. Kita tekankan kepada teman-teman di lapangan agar mengkondisikan seaman mungkin,” tandasnya. (jaz/rhd)


Baca juga: