Universitas Widyagama Sukses Helat PKKMB

Malang, SERU.co.id – Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Widyagama (UWG) berlangsung sukses dan semarak. Selama empat hari tambah satu hari dihadiri tokoh nasional serta para alumni, sukses ikut menyemarakkan dan memotivasi ke mahasiswa.

Sebanyak 547 mahasiswa antusias ikut PKKMB pada 25, 26 September 2021 dan 2, 3 Oktober 2021 dalam setiap sesi. Terlebih dengan kedatangan orang nomor satu di Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

“Karena kami dapat tamu Bapak Ganjar, jadi empat setengah hari. Saya sampaikan kalau untuk antusias peserta di dalam zoom itu luar biasa, karena teman-teman sangat komunikatif,” seru Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr Ir Rita Hanafie MP, di ruang kerjanya, Minggu (3/10/2021)

Selain Gubernur Jawa Tengah, pihaknya juga menghadirkan di hari pertama yaitu Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT), Budi Arie Setiadi.

Rita Hanafie menambahkan, ada beberapa Organisasi Mahasiswa (Ormawa) memang terpaksa harus istirahat di kondisi pandemi, sehingga belum memungkinkan berkegiatan di luar ruangan. Tetapi beberapa prestasi dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo sejak 2017 setiap tahun diikuti. Baik event Malang Raya, Jawa Timur, nasional, dan pernah ikut Internasional di Bali.

“Setiap kali berangkat pasti membawa medali untuk kampus,” ungkapnya.

Ada lagi UKM Bulutangkis, tidak keluar mengikuti pertandingan, tetapi justru mengadakan kejuaraan tingkat SMA maupun antar mahasiswa. Serta ada Ormawa yang patut didukung untuk terus berprestasi, yakni tim Metro, pasalnya masuk semifinal robot terbang.

“Alhamdulillah masuk semifinal, kemarin di semifinal satu-satunya peserta dari PTS. Lainnya perguruan tinggi negeri, ini bisa dikatakan prestasi luar biasa secara formal,” beber perempuan yang lahir di Blitar dan besar di Surabaya ini.

Pihaknya berharap, mahasiswa baru tidak hanya fokus pada mencari ilmu terkait bidang keilmuan prodi masing-masing. Tetapi juga bisa aktif di kegiatan organisasi kemahasiswaan, karena disitu softskill akan diasah.

Banyak pengalaman berangkat dari aktifitas organisasi ketika nanti setelah lulus akan berguna. Indeks Prestasi (IP) 4.00 menurutnya tidak menjamin kesuksesan, jika tidak bisa berinteraksi dengan orang lain, public speaking tidak bagus, dan tidak bisa bekerja secara tim.

“Melalui Ormawa banyak sebetulnya softskill yang dipelajari bisa jadi bekal untuk terjun ke masyarakat,” pungkasnya.

PKKMB hari terakhir menyuguhkan banyak torehan prestasi mahasiswa UWG. (ist) - Universitas Widyagama Sukses Helat PKKMB
PKKMB hari terakhir menyuguhkan banyak torehan prestasi mahasiswa UWG. (ist)

Senada, Ketua Presiden Mahasiswa (Presma), Mohammad Julio Akbar mengaku, Ormawa yang paling menonjol ada tiga, HMJE Akutansi, UKM PKM, dan tim metro dari Fakultas Teknik.

Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) pendanaan yang lolos Kemenristek Dikti ada satu, dan dari KBMI satu. Serta ada tim Metro yang sukses mengikuti KTRI Kapal Terbang Robotik Indonesia. Meski baru pertama kali mengikuti langsung lolos nasional.

“Alhamdulillah untuk saat ini masuk final, yang akan diadakan bulan November 2021 ini. Saingannya PTN-PTS seluruh Indonesia, seumpama lolos final, mereka bakal lanjut di kancah internasional,” ujar Julio, sapaan akrabnya.

Mahasiswa Teknik Mesin 2018 tersebut mengatakan, untuk teman-teman mahasiswa baru harus tetap semangat. Jangan pernah minder untuk kuliah di UWG, karena kampusnya bisa bersaing dengan PTS-PTN di Indonesia.

“Kalau kita mau berusaha dan belajar lebih. Jangan pernah merasa malu, tetap yakin kita bisa,” tandasnya. (jaz/rhd)


Baca juga: