Teknik Elektro Universitas Negeri Malang Hasilkan Listrik Portabel

Bisa Manfaatkan Tenaga Surya

Malang, SERU.co.id Untuk menjawab kebutuhan para treveler yang tengah berpergian camping maupun mendaki gunung akan sumber energi listrik, Laboratorium Teknik Elektro Universitas Negeri Malang ciptakan inovasi listrik portabel. Selain untuk mempermudah penggunaan listrik karena dapat digunakan dimana-mana, alat ini juga dapat menggunakan sumber energi surya jadi listrik.

Pranata Laboratorium Departemen Teknik Elektro Universitas Negeri Malang, Muhammad Rizal Ardiansyah menjelaskan, alat tersebut bisa dibawa kemana-mana dan minim budget. Sehingga saat di alam liar, bisa membuat listrik sendiri dari sinar matahari.

“Listrik portabel yang yang sewaktu-waktu kita gunakan. Mini budget, memanfaatkannya dengan kondisi alam, jadi dengan solar sell nanti ini akan dihadapkan  ke matahari, dolar panel itu. Maka akan memberikan energi dikonversi ke box ini,” seru Rizal saat dikonfirmasi SERU.co.id.

Selain mengunakan cahaya matahari untuk mengisi daya box ajaib tersebut, yang nantinya akan berubah menjadi listrik, alat satu ini bisa diisi langsung oleh listrik maupun accu.

Sesuai dengan namanya, box listrik terkait memiliki bentuk yang kecil dengan berat kurang lebih 2-3 kilogram, hingga nyaman dibawa saat bepergian.

Untuk penggarapan listrik portabl benda tersebut, mereka memerlukan waktu yang cukup singkat, dalam satu bulan mereka dapat merampungkan satu aitem. Dengan dibandrol kurang lebih hingga Rp2 juta.

“Harga ini kisaran kurang lebih 2 juta,” jelasnya.

Rizal juga mengaku, perlu adanya inovasi guna menyempurnakan inovasi tersebut.

“Saya rasa, kalau kekurangan untuk kedepannya lagi untuk bagaimana kita mengaktifkan baterai itu. Dengan tipe yang lebih ringan, tidak berat, tetapi kapasitas lebih besar,” terangnya. (ws6/ono)

Sorry, you cant copy SERU.co.id!