Tampil Memukau, Dalang Mantan Kajari Batu Bawakan Lakon “Semar Mbangun Kayangan”

Batu, SERU.co.id – Pemerintah Kota Batu menyelenggarakan Pagelaran Wayang Kulit dengan lakon “Semar Mbangun Kayangan,” untuk Peringati HUT ke-21 Kota Batu. Pertunjukan budaya ini dibawakan oleh Ki Dalang Dr. Supriyanto, SH MH yang merupakan mantan Kajari Batu. Acara ini digelar di halaman Parkir Balaikota Among Tani Kota Batu, Rabu (16/11/2022) malam.

Pagelaran ini dihadiri oleh Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia, Ahmad Basarah dan Direktur Hak Cipta dan Desain Industri, Dirjen Kekayaan Intelektual, Kemenkumham RI, Anggoro Dasananto. Sementara dari Pemkot Batu, Wali Kota Batu, Wakil Wali Kota Batu, Forkopimda Kota Batu, PHRI, tokoh penghayat, tokoh masyarakat dan pegiat seni Kota Batu turut menghadiri acara ini. Sebelum pagelaran wayang digelar, berbagai rangkaian acara kebudayaan yang ditampilkan, mulai dari pagelaran Mocopat Idol 2, eksebisi Mocopat 24 Lurah dan Kepala Desa se-Kota Batu dan tarian dari Sanggar Seni Maheswari.

“Dalam acara ini juga dilaksanakan pengukuhan pengurus Persatuan Penggiat Seni Mocopat Kota Batu oleh Wali Kota batu, penyerahan simbolis Hak Kekayaan Intelektual Mocopat Idol Kota Batu dari Kementerian Hukum dan HAM RI, serta pemberian simbolis insentif kepada juru pelihara Punden se-Kota Batu,” seru Ketua Hari Jadi Kota Batu, Ahmad Dahlan.

Ahmad Dahlan, sapaan akrabnya menjelaskan, peringatan HUT ke-21 Kota Batu ini merupakan momen untuk bangkit dalam sektor pariwisata, UMKM dan pertanian sehingga tercapai kesejahteraan masyarakat Kota Batu. Sederet kegiatan telah dipersiapkan panitia sejak awal Oktober. Namun karena ada tragedi duka Aremania, pihaknya harus mengulur waktu pelaksanaan.

“Malam ini, puncak acara baru bisa kita laksanakan dengan menghadirkan pertunjukan Wayang Kulit dengan Ki Dalang Bapak Dr Supriyanto SH MH yang pernah menjadi Kajari Batu,” sebutnya.

Dalam sambutannya, Wali Kota Batu menjelaskan, perjalanan selama 21 tahun Kota Batu tidaklah mudah. Semuanya tidak akan berjalan tanpa dukungan dan kerjasama dari seluruh pihak dan warga Kota Batu. Dewanti juga menyebutkan, dirinya dan Wawali Batu, Punjul Santoso menitipkan kepada seluruh masyarakat dan stakeholder untuk terus mendampingi dan menjadikan Kota Batu sebagai kebanggaan. Karena tahun ini adalah tahun terakhir Dewanti dan Punjul memimpin Kota Batu.

“Semoga seterusnya, Kota Batu akan terus mendapatkan WTP dan semakin maju,” ucap Dewanti.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menyerahkan tokoh Semar kepada Ki Dalang Dr Supriyanto SH MH untuk dibawakan. (dik) - Tampil Memukau, Dalang Mantan Kajari Batu Bawakan Lakon "Semar Mbangun Kayangan"
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menyerahkan tokoh Semar kepada Ki Dalang Dr Supriyanto SH MH untuk dibawakan. (dik)

Sorry, you cant copy SERU.co.id!