Sutiaji: Bukan Lagi 5M, tapi 6M

Malang, SERU.co.id – Meski vaksin Covid-19 sudah tersedia, Walikota Malang, Sutiaji sendiri mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dan prosedur 6M.

“Sekarang bukan lagi 5M, tapi 6M. M terakhir menjaga keteraturan makan dan imun,” sebut Sutiaji, sembari merinci 6M, yaitu memakai masker, mencuci tangan memakai air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas dan menjaga keteraturan makan dan imun.

Hal ini diungkapkan Sutiaji, lantaran telah ditemukan kasus mutasi baru virus Covid-19 yang dapat menginfeksi dan bereplikasi di saluran pencernaan.

Sementara itu, vaksinasi Covid-19 di Kota Malang sebagai upaya memutus penyebaran virus corona terus berlangsung. Dalam kurun waktu lima hari sejak vaksinasi Covid-19 pertama kali dilaksanakan di Kota Malang, sebanyak 6.991 tenaga kesehatan (nakes) telah disuntik vaksin terebut. 

Tercatat sebanyak 57,94% nakes di Kota Malang sudah menerima suntikkan vaksin Covid-19. Nakes sendiri menjadi kelompok prioritas penerima vaksin Covid-19 di tahap pertama.

“Data per 29 Januari 2021, Kota Malang mendapat distribusi vaksin Covid-19 sebanyak 24.320 vaksin dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Nantinya vaksin ini akan disuntikkan secara bertahap ke seluruh lapisan masyarakat Kota Malang,” ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Sri Winarni. (ws1/rhd)