Siswa-Siswi SMA/SMK di Tulungagung Siap Ikuti Lomba Jurnalistik

Tulungagung, SERU.co.id – Sebanyak 20 siswa-siswi dari 10 SMA/SMK di Tulungagung mengikuti tehnical meeting Lomba Jurnalistik Bijak Bermedsos; Peran Sekolahku. Tehnical meeting digelar di ruang pertemuan Dinas Perpustakaan dan Arsip Pemkab Tulungagung Jalan Letjen Urip Sumoharjo, Selasa (5/10/2021).

Solikin S.Pd,.M.Pd selaku Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Cabang Tulungagung-Trenggalek menghadiri tehnical meeting. Ia berpesan agar siswa serius dalam mengembangkan berbagai keterampilan. Salah satunya dalam bidang jurnalistik.

“Banyak kegiatan yang bisa ditekuni. Salah satunya jurnalistik. Dinas Pendidikan Jawa Timur Cabang Tulungagung-Trenggalek bekerja sama dengan Harian Pagi Memo X untuk mengadakan Lomba Jurnalistik Bijak Bermedsos; Peran Sekolahku,” katanya saat memberi sambutan di depan peserta lomba.

Ditambahkan Solikin, sebelumnya sejumlah siswa dari berbagai sekolah telah mengikuti diklat jurnalistik. Kini saatnya mereka mengasah kemampuan jurnalistik dalam sebuah lomba.

“Ikuti dengan baik. Apalagi ini sistemnya daring. Tidak menganggu pelajaran,” tegasnya.

Sementara  itu, Andik Sulistiono selaku ketua panitia lomba, mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur cabang Tulungagung-Trenggalek Solikin S.Pd,.M.Pd. Sebab mendukung lomba yang diselenggarakan pihaknya.

Andik Sulistiono menyampaikan terima kepada kepala sekolah yang telah menugaskan siswa-siswi mereka mengikuti lomba. Ia berharap lomba tersebut memberi manfaat positif kepada para peserta. Yakni memacu semangat kompetisi, belajar membuat konten YouTube yang baik, mempromosikan kegiatan sekolah dan lain sebagainya.

“Untuk adik-adik peserta silakan berkompetisi sebaik mungkin,” pesan pria yang tinggal di daerah Besuki tersebut.
Herry selaku koordinator lomba mengatakan, lomba Jurnalistik Bijak Bermedsos; Peran Sekolahku bersifat gratis. Namun hadiah yang disediakan cukup lumayan. Yakni uang pembinaan Rp 18 juta. Plus sertifikat dan trofi.

“Lomba ini sangat sederhana. Yakni peserta atau siswa diminta membuat video terkait kegiatan di sekolah masing-masing. Video karya siswa akan dinilai dari tiga (3) katagori. Yakni katagori Peran Sekolah; Jurnalistik, dan Terfavorit. Masing-masing katagori disediakan hadiah Rp 6 juta. Karena ada 3 katagori maka hadiah yang disediakan Rp 18 juta,” kata Herry.

Lanjutnya, ada 10 sekolah yang positif ikut lomba. Yakni SMAN 1 Kedungwaru, SMAN 1 Boyolangu, SMAN 1 Tulungagung, SMAN 1 Kalidawir, SMAN 1 Pakel,SMAN 1 Ngunut, SMKN 1 Pagerwojo, SMAN 1 Rejotangan, SMKN 1 Tulungagung, dan SMAN 1 Kauman. (Her/ono)


Baca juga: