Sinergitas Pariwisata Malang Raya Masih Terkendala Pandemi

Batu, SERU.co.id – Sinergitas tiga wilayah, yaitu Kota Batu, Kota Malang dan Kabupaten Malang pernah tertuang dalam sebuah penandatanganan bersama tiga Kepala Daerah. Kerja sama itu sudah memasuki usia delapan bulan. Kendati demikian, di bidang Pariwisata belum terlihat sesuai harapan, lantaran pandemi covid-19 masih berlangsung.

Wakil Walikota Batu, H Punjul Santoso MM mengatakan, semestinya sudah giliran Kota Batu untuk menjadi tuan rumah kegiatan Sinergitas Wilayah Malang Raya. Kegiatan yang juga didukung oleh PHRI se Malang Raya ini, rupanya terkendala dengan kondisi pandemi yang menggawat beberapa bulan lalu. Meskipun demikian, kerja sama masih terus dilanjutkan, karena dinantikan oleh warga Malang Raya.

“Hakekatnya, kerja sama itu tetap ada, karena koordinasi pariwisata Malang Raya, sekaligus melibatkan Perhimpunan Hotel dan Resto Indonesia (PHRI). Ini yang senantiasa ditunggu-tunggu oleh masyarakat,” seru Punjul.

Dicontohkan oleh Punjul, kerja sama tersebut bisa dalam bentuk promosi bersama paket wisata Malang Raya. Potensi wisata alam dan buatan di Kota Batu, ditambah potensi wisata kuliner di Kota Malang, dan potensi wisata pantai yang dimiliki Kabupaten Malang.

“Dari Kabupaten Malang, bisa melihat-lihat pantai, kemudian kulinernya di Kota Malang, lalu menginapnya di Kota Batu atau sebaliknya,” ulasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq menambahkan, terkait sinergitas ini, pihaknya sudah menyiapkan beberapa program. Antara lain aplikasi yang berisi promosi bersama pariwisata di Malang Raya, pengembangan bersama pariwisata Malang Raya, dan event budaya bersama.

Kadisparta Batu, Arief As Siddiq. (ws3) - Sinergitas Pariwisata Malang Raya Masih Terkendala Pandemi
Kadisparta Batu, Arief As Siddiq. (ws3)

“Kami sudah menyiapkan kegiatan pengembangan pemasaran bersama,  event-event kebudayaan bersama, dan aplikasi pemasaran wisata yang dikelola bersama. Pastinya apapun itu yang bisa dirasakan kesejahteraannya bersama,” pungkasnya. (ws3/rhd)


Baca juga: