Sepekan Lagi, Huntara Brau Siap Dihuni

Batu, SERU.co.id – Pembangunan Huntara (Hunian Sementara) bagi korban bencana longsor di Dusun Brau Desa Gunungsari telah rampung. Dan akan dihuni dalam kurun waktu sepekan kedepan.

Tercatat, Rp800 juta digelontorkan untuk pembangunan 15 hunian dengan ukuran 4×6 dengan dua kamar tidur, dapur, dan ruang tamu.

“Tinggal pengecatan saja dan pemasangan listrik serta wifi. Akan ada ruangan serbaguna juga didepannya untuk ruangan hotspot,” terang Kasi Bantuan Jaminan Sosial Dinsos Kota Batu, Kasmari, Senin (3/5/2021).

Ia juga menjelaskan bantuan listrik dan wifi ini bebas diakses hingga satu tahun kedepan. Lebih lanjut, huntara ini akan diresmikan oleh Walikota Batu Dewanti Rumpoko pada 9 Mei 2021. Korban terdampak longsor tersebut, nantinya harus melakukan penandatanganan sebelum menempati huntara tersebut.

Untuk kamar mandi bagi warga terdampak, Kasmari menguraikan, pihaknya akan mengarahkan warga terdampak untuk menggunakan aset milik SD/SMP satu atap.

“Ada 6 kamar mandi yang bisa digunakan disana. Insyaallah semua sudah siap,” serunya.

Dibenarkan oleh Kadinsos Kota Batu Ririck Mashuri, pihaknya juga akan memberikan supply bantuan berupa sembako hingga tiga bulan kedepan. Sementara itu, untuk listrik akan menggunakan sistem token.

“Wacana kami saat ini, tengah mengerucut untuk pemberian fasilitas literasi. Sedang proses koordinasi dengan Dinas Perpustakaan,” ujar Ririck.

Sedangkan untuk bantuan logistik sembako, akan diberikan oleh Dinsos di minggu ketiga. Hal ini dikarenakan bantuan masih tercover oleh BPBD Kota Batu. (ws2/rhd)


Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *