Sembilan Ribuan Nakes Telah Divaksin Dosis Ketiga

MalangSERU.co.id – Pemerintah pusat menerima hibah vaksin covid-19 Moderna dari Covax Facility sebanyak 8 juta dosis. Capaian tenaga kesehatan (nakes) yang sudah divaksin sudah mencapai sekitar 9.880 orang di Kota Malang.

Nakes adalah satu-satunya penerima dosis vaksin ketiga sebagai booster atau penguat herd immunity. Vaksinasi dosis ketiga dilaksanakan salah satunya di Rumah Sakit Dr Saiful Anwar (RSSA).

“Capaian sudah sekitar 76 persen dari total kurang lebih 13.000-an nakes di Kota Malang. Karena memang vaksin (Moderna) ini dibutuhkan oleh nakes,” seru Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr Husnul Muarif, di Balaikota Malang Kamis (2/9/2021).

Menurutnya, sejauh ini kendala yang dihadapi tidak ada. Terbaru, tanggal 6 September 2021, RSSA akan memvaksin dokter yang membuka praktik mandiri. Seperti dokter gigi praktik mandiri, tidak di rumah sakit atau di klinik.

Sementara RS Lavallete, perawat praktik mandiri dan praktik bidan mandiri juga divaksin. Sisa target 24 persen akan dipercepat, agar semua nakes lebih terjaga.

“Secepatnya, karena booster ini tinggal 4.000-an booster penguatan,” bebernya.

dr Husnul menambahkan, dosis ketiga bukan ditujukan untuk masyarakat umum. Karena sesuai instruksi Kemenkes, vaksin dosis ketiga sebagai booster untuk nakes akan dihabiskan untuk nakes. Bilamana ada kebijakan baru, Dinkes Kota Malang akan menyesuaikan.

“Begitu habis, kalau nanti ada regulasi baru akan melakukan regulasi juga,” pungkas dokter sekaligus Jubir Satgas Covid-19 Kota Malang ini. (jaz/rhd)


Baca juga: