Semangat Juang Tinggi, MTsN 1 Kota Malang Dulang 42 Prestasi

Malang, SERU.co.id – Masa pandemi tak menyurutkan semangat juang berprestasi. Mengawali tahun ajaran 2021/2022, MTsN 1 Kota Malang terus mempersembahkan pundi-pundi prestasi setiap bulannya. Total sementara 42 prestasi, terbagi 6 prestasi tingkat Kota/Malang Raya, 29 prestasi tingkat Nasional dan 12 prestasi tingkat Internasional.

Tercatat bulan Juli 2021 menorehkan 14 prestasi, yakni 3 prestasi tingkat Kota/Malang Raya, 4 prestasi tingkat Nasional dan 7 prestasi tingkat Internasional. Menginjak bulan Agustus, MTsN 1 Kota Malang menambah 28 prestasi bergengsi. Di antaranya 3 prestasi tingkat Kota/Malang Raya, 25 prestasi tingkat Nasional dan 5 prestasi tingkat Internasional.

“Tentunya capaian ini sangat luar biasa di masa pandemi covid-19. Siswa dan guru terus aktif mengikuti perkembangan lomba yang ada, baik dari informasi yang diberikan madrasah maupun mandiri,” seru Kepala MTsN 1 Malang, Drs Samsudin MPd, kepada SERU.co.id, di ruang kerjanya.

Dengan keterlibatan dan sinergi semua pihak, antara siswa, guru dan orang tua, dalam pembinaan secara maksimal bagi siswa yang berkompetisi. Menjadikan peluang terus berprestasi dalam mendulang penghargaan bergengsi.

“Dengan kebijakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas yang akan diberlakukan, kami optimis dapat meraih prestasi seperti sebelum pandemi. Bahkan mungkin lebih baik, karena formulasi pembinaan lomba online dan offline sudah pernah dikuasai, tinggal evaluasi dan diperbaiki,” beber Pak Sam, sapaan akrabnya.

Disebutkannya, prestasi tahun ajaran 2019/2020 terangkum 458 prestasi. Selanjutnya prestasi tahun ajaran 2020/2021 terakumulasi 308 prestasi, karena minimnya lomba akibat pandemi.

Semangat Juang Tinggi, MTsN 1 Kota Malang Dulang 42 Prestasi
5 prestasi tingkat internasional dari singapore international mathematics olympiad challenge 2021

Tercatat 5 (lima) prestasi tingkat internasional dari Singapore International Mathematics Olympiad Challenge (SIMOC) 2021. Di antaranya diraih oleh M. Alfarizky Harya Putra (perak math olympiad individual dan perunggu mind sport team) serta Nurisna Anara Mughni Rayyan (perak mind sport team, perunggu math olympiad individual, dan perunggu math master mind team).

SIMOC tahun ini diikuti oleh peserta dari 15 negara. Seperti Singapura, Indonesia, Thailand, Malaysia, Filipina, Vietnam, Tiongkok, Uzbekistan, Meksiko, Bulgaria, Brazil, dan lainnya. SIMOC memberikan kesempatan kepada peserta untuk bersaing dengan talenta matematika terbaik dari berbagai negara, dan belajar satu sama lain dalam sebuah tim.

Sementara 20 prestasi tingkat nasional, berasal dari tiga ajang yang berbeda. Di antaranya, Pertama, 10 medali dari ajang Kompetisi Love English Olympiad 2021, diraih oleh Zikral Fayazid (emas), Avicenna Ulilvidya Basri (perak), Shakira Naura, Nadhira Maiza, Gaea Alexa, Alivy Huriyah, Asha Puteri, Amansa Raudhatul, dan Zahran Alawi (perunggu).

Kedua, 7 (tujuh) medali dalam ajang Kompetisi Sains Medalyst 2021, diraih oleh Syakira Izza Qurrota Aini (emas), Aliya Nafilahhusna (perak), dan Neisya Ardhia Putri, Faizaturrahmah Baity, Hanan Geis, Fahranie Aqsheilla, dan Gea Alexa (perunggu). Dan ketiga, 3 (tiga) medali dari ajang Indonesian Olympiad of Science 2021, yang dipersembahkan oleh Avicenna Ulilvidya Basri, M. Falih Ananda, dan Nadhira Maiza F (perak).

20 prestasi nasional dari Kompetisi Love English Olympiad 2021, Kompetisi Sains Medalyst 2021 dan Indonesian Olympiad of Science 2021. (ist) - Semangat Juang Tinggi, MTsN 1 Kota Malang Dulang 42 Prestasi
20 prestasi nasional dari Kompetisi Love English Olympiad 2021, Kompetisi Sains Medalyst 2021 dan Indonesian Olympiad of Science 2021. (ist)

“Salah satu hal positif dari siswa MTsN 1 Kota Malang, adalah adanya semangat juang yang tinggi dalam meraih prestasi. Mereka terbiasa kompetitif dan tidak pernah malu untuk bertanya saat pembelajaran. Kompetisi bahasa Inggris juga sebagai salah satu cara mereka untuk mengasah kemampuan terutama Bahasa Inggris,” jelas guru pembina LDC (Language Development Center), Nurul Hasanah, SPd, sekaligus guru Bahasa Inggris MTsN 1 Kota Malang.

Sedangkan 3 (tiga) prestasi tingkat Kota/Malang Raya, berasal dari Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2021 tingkat Kota/Kabupaten. Dimana siswa Matsanewa sukses meraih juara dalam tiga bidang, yaitu Matematika, IPA, dan IPS.

Di antaranya diraih oleh M. Alfarizky Harya Putra (juara 1 bidang Matematika Terpadu Terintegrasi), Al Davi Muhammad Azriel (juara 1 bidang IPA Terpadu Terintegrasi), dan Tiara Indriyani (Juara 1 bidang IPS Terpadu Terintegrasi). Selanjutnya, mereka akan tampil dalam KSM tingkat Provinsi Jawa Timur.

“Selamat untuk Davi, Faris, dan Tiara menjadi juara 1 dalam KSM tingkat kota. Semoga sukses pada tahap berikutnya, serta meraih hasil yang maksimal,” ungkap Amirul Hasan SPd, MPd, guru IPA dan staf kurikulum MTsN 1 Kota Malang. (zul/rhd)


Baca juga: