Seluruh Fraksi Apresiasi Kepemimpinan Bupati dan Wabup Blitar

Blitar, SERU.co.id – Mayoritas fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Blitar memberikan apresiasi terhadap kepemimpinan Drs. Rijanto, MM dan Marhaenis, U.W. Hal tersebut disampaikan dalam Pandangan Umum frakasi-fraksi pada rapat paripurna DPRD Kabupaten Blitar dengan agenda penyampaian pandangan umum fraksi DPRD atas Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Blitar Tahun Anggaran 2020.

Rapat yang dipusatkan di ruang Graha Paripurna lantai II Kantor DPRD Kabupaten Blitar, Selasa (9/2/2021) secara daring atau online ini, dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito dan Wakil Ketua Abdul Munib, Susi Narulita dan Mujib. Selain itu juga dihadiri 31 anggota DPRD Kabupaten Blitar. Sementara Bupati Blitar Drs. Rijanto, Plh Sekretaris Kabupaten Blitar, serta Fokompimda mengikuti Rapat Paripurna secara virtual di kantor masing-masing.

Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito usai paripurna mengatakan, rapat paripurna hari ini pembacaan Pandangan Umum Fraksi-fraksi yang merupakan rapat lanjutan dari pembacaan LKPJ Bupati 2020 pada Senin, 8 Februari 2021 lalu.

“Selain pembacaan PU Fraksi, dilanjutkan dengan pembacaan keputusan DPRD tentang pembentukan Panitia Khusus LKPJ Bupati tahun 2020. Ada 15 anggota DPRD yang tergabung dalam Pansus LKPJ tersebut, dengan masa tugas sampai dengan 5 Maret 2021,” kata Suwito.

Lebih lanjut Suwito menyampaikan, masing-masing frakasi PDI-P, PKB, PAN, GPN, dan Golkar Demokrat, menyampaikan pandangan umum mengenai LKPJ Bupati Blitar Tahun 2020.

“Secara keseluruhan, perwakilan fraksi dari masing-masing fraksi memberikan apresiasi dan menyampaikan ucapan terimakasih atas kinerja Bupati Rijanto dan Wakil Bupati Marhaenis UW selama 5 tahun terakhir,” tandasnya.

Dalam pandangan umumnya, fraksi GPN menyampaikan beberapa poin utama. Pertama memberikan apresiasi atas capaian prestasi kerja Pemerintah Kabupaten Blitar pada tahun 2020, yang dibuktikan dengan banyak program yang tercapai, bahkan melampaui target. Kedua, memberikan selamat atas prestasi dan penghargaan yang didapatkan oleh pemerintah Kabupaten Blitar pada tahun 2020. Ketiga, fraksi GPN berharap pengalaman Bupati dan Wakil Bupati selama memimpin, dapat dipertahankan dan ditingkatkan oleh Bupati dan Wakil Bupati mendatang. Keempat, fraksi GPN siap membahas dan menindaklanjuti LKPJ Bupati Blitar 2020.

Fraksi Golkar- Demokrat menyampaikan apresiasi atas prestasi pemerintah dalam bidang kesehatan. Seperti prestasi STBM Berkelanjutan – Kab/Kota Stop BABS/ODF 100 persen oleh Menteri Kesehatan. Juga, ucapan terimakasih atas pembangunan rumah sakit baru pada wilayah Blitar Barat.

Apresiasi juga disampaikan pada sektor pendidikan, atas tercapainya predikat “Kabupaten Sangat Inovatif” pada Innovative Government Award oleh BPP Kemendagri.

Fraksi PAN menyampaikan apresiasi kepada Bupati atas prestasi yang telah dicapai Kabupaten Blitar selama satu tahun belakangan ini, yaitu sepanjang tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Blitar memperoleh 26 penghargaan dan prestasi.

Selain itu juga memberikan apresiasi atas berhasilnya pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Blitar tahun 2020 dengan tingkat partisipasi masyarakat sebesar 67,08 persen.

Sementara Fraksi PKB, menyampaikan beberapa evalusi pada sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi dan infrastuktur. Pendidikan yang dilakukan secara daring dianggap kurang efektif dan penting untuk menemukan solusi agar proses belajar benar-benar efektif. Pada sektor kesehatan, masih terdapat kurang dalam implementasi atas program PSBB hingga PKMM yang telah diupayakan. Sektor ekonomi dengan masih ditemukannya masyarakat yang hidup dalam garis kemiskinan. Serta, masih ketertinggalannya sektor jasa dibandingkan dengan sektor produksi. Sedangkan sektor infrastruktur, masih lemahnya koordinasi yang dapat menghambat pembangunan.

Setelah seluruh perwakilan fraksi menyampaikan pandangan umumnya atas LKPJ Bupati Blitar, rapat dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan DPRD mengenai Pembentukan Panitia Khusus (Pansus) pembahas LKPJ Bupati Blitar Tahun 2020. (fjr/mzm)