Selama Libur Lebaran, Kota Batu Diserbu 400 Ribu Lebih Wisatawan

Batu, SERU.co.id – Selama periode libur lebaran, 30 April hingga 8 Mei 2022, tercatat total wisatawan yang datang ke Kota Batu sebanyak 405.336 orang. Angka tersebut adalah hasil catatan yang dihimpun oleh Dinas Pariwisata (Disparta)  Kota Batu. Pendataan dilakukan dengan cara mengunjungi destinasi wisata, resto dan cafe, serta hotel.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq mengatakan, secara rinci pada tahun ini total wisatawan pada destinasi wisata sebanyak 293.318 orang. Disusul kunjungan pada cafe dan restoran sebanyak 65.700 dan kunjungan hotel sebanyak 46.318 orang.

“Kalau tahun 2021 lalu himpunan data kita dari destinasi wisata dan hotel saja,” seru Arief As Siddiq.

Arief, sapaan akrabnya menjelaskan, adanya peningkatan angka kunjungan tersebut, sejalan dengan kebijakan pelonggaran yang diberikan pemerintah. Sehingga wisatawan dari mana pun bisa menikmati destinasi wisata yang ada. Pihaknya pun memberikan apresiasi atas kebijakan yang menghidupkan kembali dunia pariwisata khususnya di Batu.

“Kami sangat berterima kasih dengan pemerintah pusat khususnya yang sudah memberikan kelonggaran ini. Sehingga puasa wisata selama 2 tahun benar-benar terjadi lonjakannya,” ucap Arief.

Masih menurut mantan Kepala Dinas Bina Marga Batu ini, lonjakan wisatawan yang terjadi tahun ini hampir sama dengan lebaran 2019. Wisata buatan masih menjadi idola pengunjung secara keseluruhan. Hanya saja destinasi di desa wisata dan wisata olahraga juga mulai  diminati.

“Ini bisa jadi sebagai langkah awal agar desa wisata semakin naik kelas,” cetusnya.

Senada, Sekretaris Desa Giripurno Munir Andriono mengaku wisata desa Manahayu Holistic Farm yang dikelola oleh Desa Giripurno itu mengalami peningkatan kunjungan hingga 30 persen. Peningkatan tersebut, terjadi karena terbantu media sosial instagram. Viewer yang menyaksikan informasi dari platform tersebut, meningkat dari ratusan ke ribuan. (dik/ono)


Baca juga: