Runyam, Kebutuhan Stok Darah Meningkat, Pendonor Menurun Selama PPKM

Malang, SERU.co.id – Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Kota Malang menggelar road show pertama di Kecamatan Blimbing. Bekerjasama dengan Palang Merah (PMI) Kota Malang dan disupport oleh Camat Blimbing dan PMI Kecamatan Blimbing, Rabu (13/1/2021).

Selain mensosialisasikan kepada masyarakat aktif kegiatan donor di masing-masing kecamatan, PDDI Kota Malang juga berupaya memenuhi kebutuhan darah. Pasalnya, selama pandemi kebutuhan stok darah cukup tinggi.

“Kegiatan ini untuk membantu orang donor darah Kota Malang dan mengamankan stok darah di masa pandemi. Stok PMI yang sekarang ini juga kurang. Kita pelaksana teknis pengambilan, PDDI sebagai mitra,” seru Puryadi, Sekretaris II PDDI.

Sekretaris PDDI II, Puryadi. (ist) - Runyam, Kebutuhan Stok Darah Meningkat, Pendonor Menurun Selama PPKM
Sekretaris PDDI II, Puryadi. (ist)

Disebutkannya, road show dimulai dari Kecamatan Blimbing yang akan berlanjut hingga lima kecamatan. Dimana pelaksanaannya selama seminggu sekali pada hari Rabu.

Capaian target PDDI Kota Malang sebenarnya lumayan banyak. Namun berhubung pandemi ditambah pemberlakuan PPKM Kota Malang, sehingga tidak sesuai ekspektasi.

“Untuk target diawal itu 100 kantong darah. tapi ini bersamaan dengan PPKM. Kemungkinan target belum tercapai,” ucapnya.

Nantinya akan diadakan evaluasi, karena banyak instansi yang memberlakukan PPKM. Sehingga karyawan yang masuk hanya 25 persen.

“Kemungkinan ditunda, dijadwal ulang. Kita mengantisipasi sepi peminat. Belajar dari kegiatan pertama ini. Masa PPKM kondisinya seperti ini, dari pada jalan nanti tidak maksimal,” tandasnya. (ws1/rhd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *