Risma: Ada Keluarga Pejabat Kementerian Masuk Daftar Penerima Bansos

Jakarta, SERU.co.id – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengungkapkan temuan yang mengejutkan dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Risma mengatakan, ada nama keluarga pejabat kementerian yang masuk dalam DTKS.

“Sekarang kita padankan data kependudukan dan juga keluarga, (saat dibenahi) ternyata ada istri yang suaminya itu PNS, bahkan menteri, karena itu sekarang kita padankan [data] dengan Kartu Keluarga sehingga ketahuan siapa dapat siapa enggak,” ungkap Risma dalam konferensi pers, Senin (27/9/2021).

Risma menyatakan, meski masuk daftar penerima bansos, keluarga pejabat itu belum menerima bantuan dari Kemensos. Data tersebut juga langsung dihapus dari daftar sebab tidak cocok sebagai penerima bansos.

Sebelumnya, Risma pernah mengungkapkan ada penerima bansos yang memiliki rumah tiga lantai. Hal ini terungkap usai ada warga yang melapor belum menerima bansos, namun menurut Risma orang itu sudah dilaporkan menerima.

“Aku ngomong kayaknya kita harus cek rumahnya seperti apa dan ternyata rumahnya berlantai 3,” kata Risma pada Juli lalu.

Hampir senada dengan Risma, Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa menyatakan, ada pejabat eselon I di kementerian yang dipimpinnya, masuk dalam DTKS. Temuan itu diketahui saat DTKS belum dibenahi.

“Saya bisa sampaikan bahkan eselon I kami di Bappenas itu mendapat bantuan sembako, hebat juga, karena datanya bagus sekali,” ujar Suharso beberapa waktu lalu. (hma/rhd)


Baca juga: