Ribuan Siswa SD/MI Meriahkan Try Out Akbar & AKSI XI MTs Almaarif 01 Singosari

Malang, SERU.co.id – MTs Almaarif 01 Singosari sukses menggelar Try Out Akbar dan Ajang Kreativitas & Seni (AKSI XI) SD/MI se-Malang Raya. Diikuti oleh total 55 SD/MI terdiri dari 29 SD dan 26 MI, atau total peserta 1.623 siswa-siswi SD/MI se-Malang Raya.

Kepala MTs Almaarif 01 Singosari Dwi Retno Palupi, MPd menyampaikan, Try Out Akbar dan AKSI yang ke XI ini merupakan bakti MTs Almaarif 01 Singosari. Tujuannya, memberikan ajang siswa-siswi untuk mengukur kesiapan ujian sekolah/madrasah. Serta memberikan wadah siswa-siswi untuk menggali potensi di bidang olahraga dan seni.

“Try Out Akbar dan AKSI yang ke XI ini diikuti oleh siswa-siswi SD/MI se-Malang Raya. Alhamdulillah kami istiqomah menjadi ajang tahunan yang memperebutkan piala bergilir, meski di saat pandemi. Di tahun sebelumnya dilaksanakan secara online,” seru Palupi, sapaan akrabnya, Sabtu (15/1/2022).

Ratusan peserta AKSI dan finalis Try Out Akbar. (rhd) - Ribuan Siswa SD/MI Meriahkan Try Out Akbar & AKSI XI MTs Almaarif 01 Singosari
Ratusan peserta AKSI dan finalis Try Out Akbar. (rhd)

Acara yang dibuka oleh Kepala Kankemenag Dr. H. Musta’in, M.Ag, dilaksanakan offline atau tatap muka, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pelaksanaan Try Out dikemas berbeda, karena melibatkan 1.253 siswa dari 24 SD/Ml. Dimana pelaksanaan babak penyisihan try out dilaksanakan secara terjadwal di lokasi SD/MI peserta mulai 3 Desember 2021 hingga 14 Januari 2022. Sementara babak final diambil 3 besar dari masing-masing SD/Ml, atau 72 siswa/i finalis saja yang hadir tatap muka.

Sedangkan untuk pelaksanaan AKSI dilaksanakan, Sabtu (15/1/2022). Total 370 siswa-siswi peserta AKSI ke-XI, terbagi dalam 10 cabang lomba, di antaranya:

1. Catur: 37
2. Tenis Meja: 22
3. Kaligrafi: 29
4. Menyanyi Islami: 30
5. Pidato Bahasa Indonesia: 41
6. Pidato Bahasa lnggris: 36
7. Puisi: 43
8. MTQ: 28
9. Tahfidz: 62
10. Melukis: 42

“Total 442 siswa-siswi peserta Try Out dan AKSI yang hadir di MTs Almaarif 01 Singosari. Harapannya, melalui kegiatan ini dapat memberikan kemanfaatan bersama dan menyambungkan tali silaturahmi antar sekolah/madrasah,” jelas Kepala MTs yang baru saja menjabat Juli 2021.

Salah satu peserta Kaligrafi serius menyelesaikan karyanya. (rhd) - Ribuan Siswa SD/MI Meriahkan Try Out Akbar & AKSI XI MTs Almaarif 01 Singosari
Salah satu peserta Kaligrafi serius menyelesaikan karyanya. (rhd)

Sebagai apresiasi dari MTs yang memiliki jargon KEREN (Kreatif, Edukatif, Religius, Elegan, Nyaman), para pemenang mendapatkan hadiah berupa tropi, piagam penghargaan dan tabanas.

Kepala Kankemenag Dr. H. Musta’in, M.Ag mengaku, sangat mendukung pelaksanaan kegiatan Try Out Akbar dan AKSI yang rutin dilaksanakan MTs Almaarif 01. Menurutnya acara tersebut merupakan event yang bisa dijadikan momen awal untuk memunculkan potensi-potens,  sekaligus kompetensi yang dimiliki oleh siswa.

“Terlebih, dalam kompetisi ini, kategori yang dilombakan meliputi seluruh unsur. Ada unsur akademik keilmuan berupa lomba pidato bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Kemudian unsur olahraga melalui lomba tenis meja dan catur. Serta unsur kesenian berupa lomba melukis, menyanyi Islami dan Kaligrafi,” beber Musta’in.

Drs Ode Saeni Al Idrus, MAg, Dr H Musta’in, MAg, KH. Anas Noor Salim, SH, MH, Dwi Retno Palupi, MPd dan Yuli Nur Rohmawati, MPd. (rhd) - Ribuan Siswa SD/MI Meriahkan Try Out Akbar & AKSI XI MTs Almaarif 01 Singosari
Drs Ode Saeni Al Idrus, MAg, Dr H Musta’in, MAg, KH. Anas Noor Salim, SH, MH, Dwi Retno Palupi, MPd dan Yuli Nur Rohmawati, MPd. (rhd)

Tidak ketinggalan, terdapat pula unsur Agama yang diwujudkan dalam lomba MTQ dan Tahfidz.
Dimana tahfidz ini yang akhir-akhir ini menjadi trend dan kebanggaan masyarakat, sekaligus untuk memenuhi kebutuhan talenta baru dalam lomba di berbagai tingkatan, mulai Jatim hingga Internasional.

“Kegiatan AKSI ini diharapkan nantinya bisa diikuti oleh sekolah lainnya. Supaya bisa menjadi pintu untuk memunculkan potensi yang dimiliki oleh siswa. Sekolah dapat mewarnai dan membawa nama Kabupaten Malang ke jenjang Nasional maupun Internasional,” tandasnya.

Selain dihadiri Kepala Kemenag Kabupaten Malang, Dr H Musta’in, MAg, juga dihadiri pula Ketua Dewan Pembina Drs KH Moh Zannur Habib, Ketua Yayasan Pendidikan Almaarif KH. Anas Noor Salim, SH, MH beserta jajaran pengurus YPA, Kasi Pendma Kemenag Kab Malang Drs Ode Saeni Al Idrus, MAg, serta Pengawas Bina MTs Almaarif 01 Singosari, Yuli Nur Rohmawati, MPd. (rhd)


Baca juga:

Sorry, you cant copy SERU.co.id!