Renovasi Tahap Awal Terminal Bunder Segera Dilelang

Dishub Siapkan Rp 700 Juta

Gresik, SERU.co.id – Rencana Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gresik segera melakukan renovasi Terminal Bunder bakal segera terwujud. Hal itu dilakukan lantaran kondisi terminal saat ini cukup memprihatinkan. Tidak hanya sekedar merenovasi, penataan juga menjadi tujuan utama. Mulai penataan bedak para penjual jajanan dan pagar yang mengelilingi area terminal.

Kepala Dishub Kabupaten Gresik Nanang Setiawan saat dikonfimasi mengatakan, pihak Dishub saat ini sudah sudah menyiapkan anggaran untuk merenovasi terminal.

“Rencana ini menindaklanjuti apa yang sudah kita rencanakan beberapa tahun lalu. Meski nantinya secara keseluruhan belum bisa merampungkan setidaknya tahap pertama untuk merenovasi terminal tersebut bisa terlaksana,” kata Nanang saat dikonfirmasi melalui sambungan telephon, Rabu (03/02/2021).

Nanang menambahkan, untuk renovasi terminal, pihaknya telah menyiapkan anggaran Rp 700 juta. Anggaran ini memang cukup minim. “Dengan anggaran ini kemungkinan hanya bisa digunakan untuk merapikan stand,” ungkap dia.

Oleh sebab itu kata Nanang, melihat keadaan terminal yang berantakan seperti itu, sesegera mungkin pihaknya melakukan lelang, sehingga begitu selesai pedagan bisa sebelah timur bisa langsung pindah.

“Makanya, biar segera terealisasi pelaksanaan pengerjaan ini inzaallah kami upayakan tender bulan maret ini,” katanya.

Mengingat minimnya anggaran, pihaknya menyadari bahwa belum bisa merampungkan merenovasi secara total. Sedangkan untuk pengerjaan pagar dan taman akan dilakukan pengusulan anggaran kembali.

“Karena belum cukup anggaran terlebih dahulu merapikan pagar yang sebelah timur dan memindahkan warung ke sebelah utara karena yang kita lihat saat ini sudah waktunya direnovasi,” tambahnya.

Selain memang sudah waktunya untuk diperbaiki, kata Nanang, terminal tersebut adalah salah satu pintu keluar masuk kota Gresik. Sehingga masyarakat dari luar kota yang lewat di Terminal Bunder Gresik merasa nyaman dan tidak lagi ada pemandangan kumuh dan kotor. “Biar bisa menjadi ikon Kota Gresik,” pungkas dia.

Semetara itu, Ketua DPRD Gresik Abdul Qodir berharap, terkait pengerjaan terminal Bunder Gresik ada tambahan fasilitas dan keamanan. Untuk stand tidak cuma dirapikan saja. “Mudah mudahan bisa segera dikerjakan dan Terminal Bunder Gresik menjadi bersih dan indah,” ungkap dia. (sgg/ono)