Race Pertama WSBK Mandalika Ditunda Akibat Hujan Badai

Lombok, SERU.co.id – Gelaran World Superbike (WSBK) Mandalika race pertama harus ditunda lantaran hujan badai yang terjadi, Sabtu (20/11/2021). Penundaan race pertama sebagai gantinya akan digelar pada Minggu (21/11/2021).

“Kondisi cuaca terus memburuk, memaksa Race 1 dijadwalkan ulang pada pukul 11:00 pada hari Minggu pagi, dengan keselamatan pengendara tetap menjadi yang terpenting,” dalam keterangan WSBK.

WSBK pada Minggu 21 November mencakup Race 1 pukul 11:00 WITA, Race 2 pukul 15:00 WITA. Balapan akan berlangsung 21 lap. Sementara, Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) akan berlangsung pada Race 3.

Sebelum resmi ditunda, para pebalap sebenarnya telah memasuki sirkuit. Namun, hujan yang makin deras memaksa balapan ditunda sebab jarak pandang pebalap nol.

Akibat hujan, genangan air terlihat di beberapa titik sirkuit. Pohon kelapa yang berada di sekitaran sirkuit juga terlihat bergoyang akibat angin kencang.

Sementara itu, Komandan Korem NTB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani mengaku, pihaknya telah melakukan rekayasa cuaca agar hujan deras tidak turun. Pihak TNI AU melakukan tabur garam di atas awan untuk memodifikasi cuaca.

“Maksudnya rekayasa hujan ini sudah sering dilakukan oleh teman-teman TNI AU pada event-event besar nasional, yaitu dengan menerbangkan pesawat, membawa garam, lalu ditabur di udara, di atas awan. Dengan harapan kalau sudah ditabur di atas awan itu, sebelum bergeser ke lokasi sirkuit Mandalika hujan sudah jatuh.” ujarnya. (hma/rhd)


Baca juga:

Sorry, you cant copy SERU.co.id!