Puskesmas Kedungkandang Targetkan Vaksinasi Nakes Selesai Januari

Malang, SERU.co.id – Vaksinasi tahap pertama bagi tenaga kesehatan (nakes) terus berlanjut di beberapa puskesmas di Kota Malang. Salah satunya Puskesmas Kedungkandang yang menargetkan segera selesai.

Penanggung jawab vaksinasi Puskesmas Kedungkandang, Septiani mengatakan, akan menargetkan vaksinasi dapat selesai, Sabtu (30/1/2021).

“Pemprov Jatim menargetkan vaksinasi tahap pertama kepada tenaga kesehatan rampung pada bulan Januari 2021,” seru Septiani.

Puskesmas Kedungkandang mendapatkan jatah 170 vaksin yang dialokasikan oleh Dinas Kesehatan Kota Malang. Merupakan salah satu fasilitas kesehatan (faskes) yang terpilih sebagai tempat pelaksanaan vaksinasi tahap pertama Kota Malang.

“Ini kemarin kami dapat 40 vaksin, terus ditambah menjadi 30 vaksin. Hari ini dapat tambahan lagi 100 dosis vaksin. Targetnya 170 tenaga kesehatan yang akan divaksin,” kata Septiani.

Namun dari sekian banyak yang divaksin, ada yang tidak lolos proses tahapan yang harus dilalui sebelum vaksin.

“Tapi tidak semuanya akan disuntikkan, karena nanti akan dikurangi tenaga kesehatan yang tidak lolos screening,” ucapnya.

Lebih lanjut, Septiani menjelaskan mengenai alur pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Kedungkandang. Di meja pertama, pasien melakukan pendaftaran, lanjut ke meja dua untuk dilakukan skrining oleh petugas.

Setelah lolos skrining, calon penerima vaksin ke meja tiga untuk vaksinasi dan selanjutnya ke meja observasi setelah divaksin. (ws1/rhd)