PT KAI Bakal Beri Uang Jasa Bongkar Hingga Rp250 Ribu bagi Warga Terdampak Sterilisasi

Malang, SERU.co.id – PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan memberikan uang jasa bongkar senilai Rp200 hingga Rp250 ribu terhadap warga yang terdampak rencana sterilisasi rel kereta api. Seperti diketahui, rencana tersebut terletak di kawasan Malang Kotalama-Jagalan, Kecamatan Klojen. Dimana di kawasan tersebut, sebanyak 301 KK yang terdampak sterilisasi dan terancam digusur.

Hal tersebut disampaikan oleh, Manager Humas PT KAI DAOP 8, Luqman Arif usai mengikuti rapat dengan Komisi B DPRD Kota Malang, di Ruang Rapat Internal DPRD Kota Malang, Rabu (29/6/2022). Dirinya menegaskan, jika uang jasa bongkar tersebut diberikan kepada warga terdampak sterilisasi.

“Untuk uang bongkar bangunan permanen sebesar Rp250 ribu. Sedangkan untuk bangunan semi permanen adalah Rp200 ribu,” seru Luqman.

Luqman juga mengatakan, untuk besaran uang bongkar tersebut masih bersifat usulan saja. Untuk penetapannya selanjutnya akan dibahas dan dilakukan oleh tim gabungan dari unsur TNI/Polri dan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang.

“Itu rencana, dan pembahasan serta keputusan ada di tim. Dan seluruh data-datanya kita serahkan semuanya kepada tim,” kata Luqman.

Menurutnya, sterilisasi kawasan tersebut yaitu berdasarkan asas keamanan, baik bagi warga sekitar dan KAI sendiri. Dan secara regulasi yang mengatur di atasnya, mau tidak mau rencana tersebut tetap dilakukan.

“Jalur tersebut, dari aspek sosialnya memang sangat membahayakan baik itu warga yang tinggal maupun untuk perjalanan kereta api. Dan dari sisi legal, sudah jelas tadi disampaikan aturannya,” tandasnya.

Sorry, you cant copy SERU.co.id!