PT AHM Hibahkan Robot Welding ke Teknik Mesin Polinema

Malang, SERU.co.id – Menindaklanjuti kerjasama tahun 2019 sebelum pandemi, PT Astra Honda Motor (AHM) menghibahkan 2 (dua) unit Robot Welding kepada Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang (Polinema). Dimana hibah ini sebagai bentuk kepedulian di dunia pendidikan dalam menciptakan SDM yang link and match dengan dunia usaha dunia industri (du-di).

Process Engineering C – Departement Head PT. AHM, Armandes Wimal mengatakan, ‎dalam dunia industri yang semakin kompetitif, AHM berharap bisa memperkuat dan menyiapkan SDM. Sehingga SDM tersebut siap bersaing dan mendedikasikan keahliannya dalam pengembangan industri otomotif.

“PT Astra Honda Motor secara konsisten melakukan inovasi pada produk dan teknologinya. Terus meningkatkan layanan di jaringan penjualan dan purna jual Honda, serta intens beraktivitas dan berkomunikasi dengan masyarakat melalui berbagai platform,” seru Armandes, sapaan akrabnya.

Selain itu, tuntutan kecepatan produksi dan permintaan pasar yang luar biasa, mendorong SDM dan teknologi harus mengikuti perkembangan jaman. Sehingga peremajaan teknologi welding frame component harus dilakukan, yang menandakan PT AHM lebih mengutamakan kualitas produk otomotifnya.

Pengoperasian dan pemrograman Robot Welding.
Pengoperasian dan pemrograman Robot Welding. (rhd)

“Dalam teknik pengelasan, kami sudah menggunakan teknologi laser. Sehingga teknologi yang sudah tidak terpakai ini, kami salurkan dalam bentuk CSR kepada Polinema,” tandasnya, disela serah terima dan training Robot Welding AHM-Polinema, Sabtu (14/5/2022).

Senada, perwakilan PT AHM sekaligus alumni Polinema, Agus Wahyudi Alfin mengatakan, hibah Robot Welding ini diserahkan agar bermanfaat dalam dunia pendidikan. Pasalnya, selain welding dasar, civitas Polinema juga dituntut menguasai welding lanjutan di beberapa prodi.

“Jika robot welding tersebut kami biarkan, akan membutuhkan biaya perawatan. Namun jika kami hibahkan, maka akan lebih bermanfaat bagi dunia pendidikan. Dimana teknologi yang kami gunakan saat ini lebih modern yang menuntut performa dan kapasitas tinggi,” timpal Agus.

Senada, Ketua Jurusan Teknik Mesin Polinema Ir Pipit Wahyu Nugroho MT mengaku, sangat bersyukur dan mengucapkan terimakasih atas hibah Robot Welding tersebut. Karena keterbatasan alat, saat ini mahasiswa Polinema hanya dibekali pengelasan dasar. Dengan hibah ini, mahasiswa diharapkan dapat menguasai pengelasan lanjutan, khususnya di industri manufacturing.

Robot Welding dikendalikan melalui sistem komputerisasi dan remote.
Robot Welding dikendalikan melalui sistem komputerisasi dan remote. (rhd)

“Mesin robot welding OTC Daihen Tipe AII–B4 ini akan digunakan sebagai media praktek rutin pengelasan lanjutan mahasiswa jurusan Teknik Mesin Polinema. Semua tersistem otomatis dalam komputerisasi, ada program remotenya. Sehingga nantinya para mahasiswa memiliki pengetahuan dan kompetensi manufaktur yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri,” beber Pipit, sapaannya.

Nantinya, Robot Welding ini akan digunakan oleh 4 (empat) prodi Polinema. Di antaranya D3 Teknik Mesin, D4 Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, D4 Teknologi Otomotif Elektronik dan D3 Teknologi Perawatan Pesawat Udara. (rhd)