Presiden dan Wapres Pakai Baju Adat di Sidang Tahunan MPR

Jakarta, SERU.co.id – Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin menghadiri Sidang Tahunan MPR/DPR 2021, Senin (16/8/2021) dengan mengenakan pakaian adat. Presiden Jokowi tampil dengan pakaian adat Suku Baduy dari Banten, yang berwarna hitam dengan ikat kepala dan masker hitam. Sementara Wapres Ma’ruf Amin menggunakan pakaian Suku Mandar dari Sulawesi Barat.

Presiden menjelaskan, pakaian yang digunakan presiden merupakan karya dari Jaro Saija yang merupakan seorang Tetua Adat dan Kepala Desa Kanekes. Kepala negara menggunakan pakaian tersebut sebagai bentuk penghormatan terhadap nilai adat dan budaya  Suku Baduy.

“Busana yang saya pakai ini adalah pakaian adat suku Baduy. Saya bersyukur karena sederhana, simpel, dan nyaman dipakai. saya ucapkan terima kasih kepada pak Jaro Saija, Ketua Kepala Adat Suku Baduy yang telah menyiapkan baju adat ini,” kata Jokowi dalam pidatonya.

Presiden dan Wapres di Sidang Tahunan MPR. (ist) - Presiden dan Wapres Pakai Baju Adat di Sidang Tahunan MPR
Presiden dan Wapres di Sidang Tahunan MPR. (ist)

Akun Twitter Kantos Staf Kepresidenan menjelaskan, makna pakaian adat yang dikenakan presiden. Pakaian tersebut terdiri dari Telekung, Kutung, Beubeur, dan Samping Aros. Telekung adalah ikat kepala berwarna hitam dengan gambar biru tua dibuat dengan kain tenun asli Suku Baduy.

Sementara Kutung adalah pakaian adat Baduy yang biasanya berwarna putih. Namun, presiden memilih warna hitam senada dengan ikat kepalanya. Selanjutnya, Beubeur adalah ikat pinggang yang disampirkan di pinggang berbahan kain. Kemudian, Jokowi juga mengenakan Samping Aros atau sarung berwarna nila bergaris putih yang digunakan sebatas dengkul.

Selain pakaian presiden, baju adat yang digunakan Wapres Ma’ruf Amin juga memiliki filosofis yang mendalam. Pakaian Suku Mandar itu menggambarkan kecekatan dan kegesitan pria Mandar dalam bekerja. Wapres tampil dengan jas dan celana berwarna hitam dengan Songkok Tabone. Serta, Wapres Amin juga memakai sarung tenun berwarna merah dengan corak Mandar. (hma/rhd)


Baca juga: