Prakerja Sudah Buka Pendaftaran Akun

Jakarta, SERU.co.id – Program Kartu Prakerja telah membuka akses bagi masyarakat yang ingin membuat akun, Minggu (21/2/2021). Pendaftaran akun baru dapat diakses langsung ke laman resmi www.prakerja.go.id.

“Sobat Prakerja, situs Kartu Prakerja sudah terbuka untuk Sobat yang belum memiliki akun dan ingin membuat akun.” tulis akun @prakerja.go.id.

Pembukaan pendaftaran ini hanya bagi masyarakat yang belum pernah memiliki akun prakerja. Namun, pembukaan akses pembuatan akun ini bukan berarti pendaftaran prakerja gelombang 12 sudah dibuka.

“Dengan membuat akun, nantinya Sobat hanya tinggal mengikuti seleksi saja ketika ada pembukaan gelombang.” jelas akun resmi Kartu Prakerja.

Hal ini berarti, masyarakat dapat membuat akun sekarang dan mengikuti seleksi gelombang selanjutnya. Sedangkan, bagi masyarakat yang sudah memiliki akun dan belum lolos di gelombang-gelombang sebelumnya, maka tidak perlu membuat akun baru.

“Kalau kamu sudah pernah daftar namun belum pernah lolos gelombang sebelumnya, kamu bisa klik gabung ketika nanti gelombang berikutnya sudah dibuka, ya.” jawab akun prakerja dalam kolom komentarnya.

Pemerintah meluncurkan program Kartu Prakerja sejak 2020 lalu hingga 11 gelombang. Pada tahun 2021, pemerintah belum secara resmi membuka seleksi Kartu Prakerja.

Jika merujuk pada aturan sebelumnya, syarat mendaftar Kartu Prakerja adalah Warga Negara Indonesia (WNI), berusia di atas 18 tahun, dan tidak sedang sekolah/kuliah. Pendaftar yang lolos, akan mendapatkan manfaat sebesar Rp 3.550.000. Nominal tersebut dirinci, yaitu Rp 1 juta untuk bantuan pelatihan, Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan untuk insentif pasca pelatihan, dan Rp 150 ribu insentif survei. (hma/rhd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *