PPKM Perpanjang Lagi Sampai 13 September 2021, Makan di Restoran Boleh Sampai 1 Jam

Jakarta, SERU.co.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Inventasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Panjaitan mengumumkan, pemerintah kembali memperpanjang PPKM Level 3 dan 4 di Jawa-Bali hingga 13 September 2021. Pada periode kali ini, pemerintah menerapkan sejumlah aturan baru.

“Ada beberapa penyesuaian aktivitas masyarakat yang bisa dilakukan dalam periode (PPKM) 7-13 September ini,” ungkap Luhut, Senin (6/9/2021).

Makan di tempat atau dine ini, diperbolehkan hingga 60 menit dan kapasitas pengunjung maksimal 50 persen. Sebanyak 20 tempat wisata di daerah PPKM Level 3 juga akan diuji coba untuk dibuka kembali. Penggunaan aplikasi PeduliLindungi akan diterapkan di tempat-tempat wisata itu.

“Dalam sepekan terakhir, seperti yang diberitakan media-media massa, ada pelanggaran protokol kesehatan. Pemerintah mengambil langkah persuasif agar hal itu tak lagi terjadi,” kata Luhut.

Menurutnya, PPKM memberikan respon positif terhadap penurunan covid-19. Buktinya, pada periode ini, jumlah kabupaten/kota yang menerapkan PPKM Level 2 meningkat menjadi 43 wilayah.

“Sementara saat ini ada 43 kabupaten/kota dari wilayah aglomerasi yang diterapkan PPKM level 2,” sebutnya.

Sejauh ini, pemerintah telah memperpanjang PPKM level sebanyak tujuh kali. Pemerintah awalnya menerapkan PPKM Darurat pada 3-20 Juli di Jawa-Bali. Kemudian, pemerintah menggunakan istilah PPKM Level.

Angka positif covid-19 di Indonesia mengalami peningkatan kasus hingga mencapai 4.133.433 orang. Pada Senin (6/9/2021), angka kenaikan kasus per harinya adalah 4.413 orang. Angka kematian naik dengan 612 orang dan 13.049 orang dinyatakan sembuh hari ini. (hma/rhd)


Baca juga: