PPKM Mikro Diperpanjang, Okupansi MICE Kota Malang Mulai Meningkat

Malang, SERU.co.id – Tren kenaikan okupansi permintaan event dan hunian hotel mengalami tren positif. Hal tersebut menjadi angin segar dalam pertumbuhan ekonomi di Kota Malang.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Ida Ayu Made Wahyuni mengatakan, geliat ekonomi di Kota Malang sudah mulai menunjukkan tren positif. Bisa dilihat dari tingkat permintaan Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE).

“Okupansi itu ditopang juga dari kegiatan-kegiatan MICE seperti ini,” seru Ida Ayu Made Wahyuni.

Pihaknya mengatakan, ekonomi melalui MICE sudah bergerak, juga Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Provinsi maupun (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) APBD Kota. Peningkatan bisa dilihat dari total permintaan sehari yang diterima oleh hotel.

“Kalau saya lihat, yang memiliki hall hotel-hotel bintang itu hampir semua. Sehari bisa 3 sampai 4 MICE nya, artinya sudah banyak,” papar Ida, sapaan akrab Kadisporapar.

Ida mengatakan, weekend kemarin okupansi hunian kamar di hotel pun juga meningkat. Terbukti saat long weekend minggu lalu, hampir 50 persen kamar hotel di Kota Malang terisi.

“Untuk hunian sudah 50 persen. Kalau MICE nya diatas itu. Coba ke Ijen suite, hallnya ada berapa, itu penuh,” terangnya.

Melihat tren positif perekonomian sektor wisata, Ida menambahkan, pihaknya terus melakukan upaya peningkatan potensi pariwisata Kota Malang. Salah satunya, dengan penyelenggaraan berbagai event wisata di tahun 2021 ini.

Event sudah disiapkan selama satu tahun, terhitung bulan April sampai Desember 2021. Dimulai dari Kampung Budaya Polowijen (KBP). Sejumlah 40 event yang direncanakan, beberapa ada yang diselenggarakan oleh kampung tematik.

“Nanti yang bertanggungjawab atas kegiatannya, yakni masing-masing Forum Komunikasi Kelompok Sadar Wisata (Forkom Pokdarwis),” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *