Potensi Alam dan Pertanian, Jadi Daya Tarik Wisata Desa Sumberejo

Batu, SERU.co.id – Desa Sumberejo, merupakan sebuah desa yang berada di kawasan Kecamatan Batu. Desa ini berbatasan langsung dengan Desa Gunungsari yang memiliki potensi pertanian bunga mawar. Desa Sumberejo memiliki potensi alam yang indah dan sejuk, dengan potensi pertanian berupa hamparan ladang sayur yang luas.

Desa Sumberejo memiliki potensi wisata yang beragam. Mulai dari wisata petik sayur di kawasan Puthuk Tritik, wisata adventure dengan menggunakan kendaraan motor All Terrain Vehicle (ATV) dan wisata kuliner di Omah Madhang Sarijoyo. Ada juga wisata membuat Jenang Gede, yang merupakan kegiatan masyarakat dalam melestarikan budaya lama.

“Jenang Gede ini untuk melestarikan budaya Desa Sumberejo yang hampir punah. Manfaatnya, untuk mempererat tali silaturahmi warga agar tetap terjalin kerukunan,” seru Kades Sumberejo, Drs Riyanto.

Ditemui saat proses pembuatan jenang, Kades Sumberejo, Drs Riyanto menjelaskan, pembuatan jenang ini terbilang unik. Wisatawan yang datang bisa merasakan bagaimana proses pembuatan jajan tradisional yang terbuat dari santan kelapa dan tepung ketan itu. Mulai dari proses memarut kelapa hingga pencetakan jenang.

“Disini ada nilai kebersamaan dari para warganya. Turis asing pun pasti akan tertarik dengan melihat dan mencoba sendiri mengaduk jenang,” imbuhnya.

Ketua Komisi B DPRD Batu, Hari Danah Wahyono, menjajal ATV. (dik) - Potensi Alam dan Pertanian, Jadi Daya Tarik Wisata Desa Sumberejo
Ketua Komisi B DPRD Batu, Hari Danah Wahyono, menjajal ATV. (dik)

Pengelola wisata KWB Adventure Sumberejo, Didik Suswanto menyebutkan, dengan menggunakan motor ATV, wisatawan bisa keliling kampung dan melihat hamparan sawah dan ladang sayur. Wisatawan akan diajak menjelajahi areal persawahan di kawasan Phutuk Tritik. Wisatawan bisa menjadi “petani” sesaat.

“Disana kami memiliki wisata petik sayur. Wisatawan bisa belajar menjadi petani dengan memanen hasil sayurnya,” ujar Didik Gundhul, sapaan akrabnya.

Motor ATV sebagai armada untuk mengelilingi hamparan ladang sayuran. (dik) - Potensi Alam dan Pertanian, Jadi Daya Tarik Wisata Desa Sumberejo
Motor ATV sebagai armada untuk mengelilingi hamparan ladang sayuran. (dik)

Sorry, you cant copy SERU.co.id!