Polres Fasilitasi Donor Plasma Darah Bagi Penyintas Covid-19

Mojokerto, SERU.co.id – Polres Mojokerto bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Mojokerto dibantu PMI Kabupaten Sidoarjo melayani donor darah plasma konvalesen. Polres Mojokerto bahkan menyediakan tenda khusus di halaman Mapolres Mojokerto untuk pengambilan plasma darah.

Layanan ini disiapkan menyusul imbauan pemerintah agar para pasien sembuh Covid-19 menyumbangkan plasma darahnya untuk pasien Covid-19. Sebab, terapi ini cukup efektif menyembuhkan pasien corona.

Tak hanya menyediakan tempat layanan, Polres Mojokerto juga membentuk Satgas donor plasma konvalesen yang terdiri dari PMI, TNI dan Polri. Ini bertujuan untuk mendata pasien sembuh Covid-19 yang ingin mendonorkan darahnya serta mendata pasien yang terpapar Covid-19 yang membutuhkan donor plasma konvalesen di wilayah hukum Polres Mojokerto.

Pembentukan satgas donor plasma konvalesen itu ditandai dengan apel bersama yang diikuti TNI Polri, Dinas Kesehatan dan PMI di halaman Mapolres Mojokerto yang dipimpin langsung oleh Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander, Kamis (21/1/2021).

Usai menggelar apel bersama para petugas Kepolisian, TNI dan pegawai ASN yang pernah terpapar Covid-19 mendonorkan darah mereka. Kapolres Mojokerto, AKBP Dony Alexander mengatakan, sesuai survei yang ada untuk donor plasma konvalesen sangat mempunyai efektivitas yang cukup baik dalam rangka untuk membantu pasien Covid-19 dalam proses kesembuhan. Sehingga nantinya plasma darah konvalesen yang sudah terkumpul akan dilakukan skrining.

“Setelah diambil darahnya akan diuji di Sidoarjo, kemudian Sidoarjo akan memberikan surat pemberitahuan kepada kita untuk penarikan atau pun juga pendonoran plasma darah tersebut. Sehingga Mojokerto nantinya mempunyai plasma darah konvalesen yang akan diberikan secara cuma-cuma kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan,” ucap Dony kepada awak media.

Plasma darah konvalesen tersebut nantikan akan diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan atau yang masih berjuang dalam melawan Covid-19 secara gratis.

Baca juga:   Gubernur Khofifah: PPKM Mikro Efektif Turunkan Penyebaran Covid-19 di Jatim

“Dari survei yang sudah kita laksanakan bersama dari Jakarta, Yogyakarta dan Malang, ini sangat efektif sekali untuk membantu kesembuhan masyarakat yang menderita dan masih berjuang dalam proses kesembuhan dari Covid-19,” jelasnya.

Donor darah plasma konvalesen ini tidak berhenti hari ini saja, satgas donor plasma konvalesen akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan serta PMI untuk mendata para penyitas Covid-19 yang ada di wilayah hukum Polres Mojokerto.

“Nantinya akan dikumpulkan dan diberikan semangat dan peningkatan moral untuk sama-sama membantu sesama dengan mendonorkan plasma darah konvelesen,” tegas Dony.

Dony berharap kesadaran masyarakat membantu memberikan sedikit bantuan dari plasma darah konvelesen sebagai penyitas untuk bisa menyelamatkan nyawa warga Mojokerto yang berperang melawan Covid-19. (mrg/mzm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *