Polinema Buka Jalur SNMPTN dan SNMPN Bagi Siswa Berprestasi

Malang, SERU.co.id – Politeknik Negeri Malang (Polinema) membuka pendaftaran calon mahasiswa baru (camaba). Ada tiga jalur pendaftaran camaba, yaitu SNMPTN dan SNMPN, UTBK SBMPTN dan SBMPN, serta jalur Mandiri. Namun dengan skema yang berbeda dibandingkan tahun sebelumnya.

“Sesuai Permendikbud No. 6 Tahun 2020, pada tahun ini camaba program sarjana (S-1) dan sarjana terapan (D-IV) bergabung dalam SNMPTN dan SBMPTN. Sebagaimana kesepakatan pada pertemuan Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI), bagi politeknik yang memungkinkan untuk bergabung dengan LTMPT,” ungkap Pembantu Direktur I, Supriatna Adhisuwignjo, ST, MT.

Sebagaimana Permendikbud No. 6 Tahun 2020, pada tahun 2021, seleksi jenjang D-IV melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN bersama perguruan tinggi negeri (universitas/institut) lain yang diselenggarakan oleh LTMPT. Pendaftaran SNMPTN dibuka mulai 15-24 Februari 2021, dan diumumkan 22 Maret 2021.

Sementara, seleksi jenjang D-III Polinema tetap melalui jalur SNMPN dan SBMPN bersama 43 Politeknik Negeri se-Indonesia, yang diselenggarakan oleh Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI). Pendaftaran SNMPN dibuka sejak 11 Januari hingga 19 Maret 2021, dan diumumkan pada 6 April 2021.

“Terkait jadwal penyelenggaraan jalur seleksi dilaksanakan terpisah. SNMPTN dan SBMPTN mengikuti LTMPT, SNMPN dan SBMPN mengikuti FDPNI, serta Mandiri ditentukan oleh masing-masing Politeknik,” imbuh Supriatna.

Jalur yang saat ini sedang berjalan, yaitu jalur SNMPTN dan SNMPN, dimana kedua jalur ini berdasarkan prestasi siswa dengan mengunggah portofolio terkait nilai rapor, prestasi akademik dan non akademik.

“Saat ini jalur seleksi masuk yang telah dibuka adalah SNMPTN dan SNMPN,” serunya.

Disebutkan Supriatna, kuota penerimaan mahasiswa Polinema tahun 2021 adalah 3.840-an mahasiswa. Dengan komposisi kuota penerimaan jenjang D-IV jalur SNMPTN 30%, SBMPTN 45% dan siasanya melalui jalur Mandiri. Sedangkan untuk jenjang D-III jalur SNMPN 30%, SBMPN 40% dan selebihnya melalui jalur Mandiri.

Terkait Kelas Internasional dan Program Double Degree, Pudir I menjelaskan bahwa penerimaan jenjang D-IV Kelas Internasional dan Program Double Degree akan dilaksanakan melalui jalur tersendiri.

“SNPMTN dan SNMPN hanya dikhususkan untuk program kelas reguler. Untuk program kelas Internasional dan Double Degree untuk jenjang D-IV, Polinema akan membuka jalur sendiri. Pendaftaran, syarat dan tahapan tes akan diiformasikan lebih lanjut,” katanya.

Jalur SNMPTN dan SNMPN juga mengakomodir calon peserta/siswa yang diterima dan berasal dari keluarga prasejahtera yang memiliki prestasi akademik tinggi sebagai peserta program KIP Kuliah.

Informasi SNMPTN dapat diakses melalui laman https://ltmpt.ac.id/. Sementara informasi jalur SNMPN dapat diakses melalui laman https://snmpn.politeknik.or.id/ . Sedangkan informasi pendaftaran KIP Kuliah dapat diakses melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ . (rhd)