Pipa PDAM Kota Malang Jebol Lagi,11 Kelurahan Terdampak

Malang, SERU.co.id – Pipa aliran air milik Perumda Air Minum (PDAM) Tugu Tirta Kota Malang lagi-lagi kembali jebol. Peristiwa ini terjadi di Jalan Ranugrati, Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Selasa (5/7/2022) siang. Akibatnya, 11 kelurahan mengalami potensi gangguan aliran air minum.

Direktur Utama Perumda Tugu Tirta, M Nur Muhlas mengatakan, jebolnya pipa tersebut dikarenakan umur pipa yang sudah lama. Pihaknya juga mengungkapkan, untuk wilayah terdampak yaitu Kelurahan Sawojajar, Madyopuro, Polowijen, Pandanwangi, Rampal Celaket, Ksatrian, Bunulrejo, Polehan, Balearjosari, Bumiayu dan Kelurahan Buring.

“Itu karena pipa lama, pipanya patah dan anjlok. Ini tadi barusan teman-teman langsung menyelesaikan,” seru Muhlas.

Dalam penanganan kebocoran pipa tersebut, petugas dari PDAM memakan waktu sekitar empat jam. Hal ini disebutkan oleh Muhlas, berbeda dengan kawasan Pulung Dowo, karena membutuhkan ring dan prosesnya lama karena gravitasi.

“Sekitar empat jam penyelesaiannya kalau itu. Kalau pipanya sendiri tidak kami ganti, cuma dilakukan penyambungan saja,” imbuhnya.

Muhlas juga mengatakan, untuk proses pemeliharan pipa sendiri sudah dilakukan secara rutin. Hal tersebut dibutuhkan, mengingat panjang pipa sendiri ratusan meter.

“Tapi itu kan sifatnya sementara, ini empat jam langsung selesai, ini sudah dimatikan aliran airnya,” tutupnya. (bim/mzm)


Baca juga:

Sorry, you cant copy SERU.co.id!