Persiapkan Pemeringkatan, UB Genjot Reputasi Level Internasional

Kota Malang, SERU – Rektor Universitas Brawijaya, Prof Dr Nuhfil Hanani AR, MS, berharap reputasi UB bisa meningkat, baik di level nasional maupun internasional. Reputasi itu ditingkatkan melalui pemeringkatan yang diselenggarakan Kementerian Riset dan Dikti, THE WUR, QS WUR maupun lembaga pemeringkatan lainnya.

Disampaikan Rektor, akhir tahun ini, beberapa lembaga pemeringkatan sudah mulai melakukan input data. “Pemeringkatan Dikti dinilai bulan Juni atau Juli tahun depan. Tapi datanya sudah diminta tahun ini,” ungkapnya, saat Rapat Pimpinan (Rapim) Universitas Brawijaya, Selasa-Rabu (5-6/11/2019).

Dalam Rapim yang dihadiri Wakil Rektor, Dekan, Ketua Lembaga dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) ini, Rektor mengusulkan dibuat lembaga pemeringkatan hingga tingkat fakultas. Selain dibuat lembaga tersebut, juga dibuat indikator dan kegiatan yang jelas.

“Pemeringkatan terakhir dari Kemristekdikti yang melakukan klasifikasi terhadap Perguruan Tinggi di Indonesia, menempatkan UB di klaster 1 dan menduduki peringkat 9. Tahun 2020, saya berharap UB tetap berada di klaster 1 dan naik peringkatnya,” seru Nuhfil.

Lebih lanjut, pemaparan dilakukan masing-masing wakil rektor. Wakil Rektor bidang Akademik, Prof Dr Aulanniam, DVM, DES.,  menjelaskan evaluasi hasil peringkat UB yang diselenggarakan Kemristekdikti, QS WUR, dan THE Rankings. Sementara, Wakil Rektor bidang Umum dan Keuangan, Prof Gugus Irianto SE, MSA, PhD, Ak, memaparkan tata kelola administrasi dan serapan keuangan.

Selanjutnya, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Prof Dr Drs Abdul Hakim, MSi, menjelaskan sumber dana beasiswa yang dikelola UB serta kriteria prestasi mahasiswa yang bisa menunjang pemeringkatan. Terakhir, Wakil Rektor bidang Perencanaan dan Kerjasama, Prof Dr Ir Muhammad Sasmito Djati, MS, menjelaskan usulan kelembagaan pemeringkatan UB. (rhd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *