Perluasan TPA Tlekung untuk Atasi Sampah di Batu

Batu, SERU.co.id – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo Batu bakal diperluas sebesar 3,59 hektar. Saat ini TPA Tlekung baru sebesar 5,1 hektar. Dengan total luasan lokasi penimbunan sampah sebesar 0.96 hektar.

Terkait rencana perluasan tersebut, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu tinggal menunggu persetujuan dari Gubernur Jawa Timur. Selain itu juga dari Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Wilayah XI Jogjakarta. Panjangnya birokrasi membuat rencana perluasan TPA diperkirakan baru bisa terealisasi tahun depan.

Kabid Pengendalian Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu, Vardian Budi mengatakan, jika perluasan itu terealisasi, TPA Tlekung akan menjadi sebesar 8,69 hektar. Dari luasan itu juga, 1,8 hektar wilayahnya akan dijadikan sel sampah. Perluasan TPA Tlekung dilakukan oleh Pemkot Batu melalui DLH untuk menangani bau sampah yang saat ini menyelimuti warga Tlekung.

“Progres perluasan TPA ini masih panjang. Kita harus berkomunikasi dengan BPKH lalu menunggu persetujuan Gubernur. Kalau disetujui, maka di 2023 nanti masih ada pergantian investasi tanaman tegakan pada perhutani,” serunya.

Akibat panjangnya persyaratan, pihaknya memprediksi jika pembangunan perluasan bisa dilakukan pada pertengahan 2023 hingga 2024 awal. Maka dari itu pihaknya harus mengejar persyaratan dan persetujuan pada tahun ini. Pasalnya apabila tidak selesai, maka pengurusannya bakal mengulang kembali dari awal

“Kalau seperti itu, dampaknya pada TPA dan masyarakat,” ujarnya.

Vardian, sapaan akrabnya juga menjelaskan, dengan adanya rencana tersebut diharapkan masalah sampah di Kota Batu bisa tertangani dengan cepat. Mengingat volume sampah di Kota Batu juga semakin meningkat. Terlebih lagi volume sampah di saat musim libur tiba.

“Kalau perluasan ini benar-benar terlaksana, nama TPA Tlekung akan ganti juga menjadi Edu Wisata Waste Park. Rencana juga, TPA Tlekung bakal dijadikan area edukasi sampah,” pungkasnya. (dik/mzm)


Baca juga:

Sorry, you cant copy SERU.co.id!