Penutupan Acara PMM di SDN Jatimulyo 5 Malang

Nama Kelompok 80 Gelombang 10:
Melita Aulia Anggraini Y.                             (202010160311513)
Jihan Prashanti                                             (202010160311518)
Allia Hidayatus Saniyah                               (202010160311532)
Nina Hudani Nabila                                      (202010160311540)
Mochammad Ryandika Adenta P.              (202010160311552)
Jurusan : Manajemen
Kampus : Universitas Muhammadiyah Malang

(Senin, 31 Oktober 2022) Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang dari kelompok 80 gelombang 10 yang melakukan kegiatan Program Pengabdian Masyarakat (PMM) menutup kegiatannya setelah kurang lebih satu bulan lamanya menjalankan program kerja di SDN Jatimulyo 5  yang beralamat Jl. Kuping Gajah No.45, Jatimulyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65141. Penutupan PMM ini dilakukan dengan memberikan sepatah dua patah kata ucapan terimakasih oleh koordinator kelompok 80 kepada pihak sekolah SDN Jatimulyo 5, karna telah mengizinkan kelompok 80 untuk melaksanakan program kerja di SD tersebut, serta pentas seni, pengumuman juara lomba dan penyerahan hadiah.

Selama melakukan kegiatan PMM di SDN Jatimulyo 5 salah satunya dengan mengoperasikan serta mengoptimalkan kembali perpustakaan yang tidak aktif. Diawali dengan menata kembali buku-buku sesuai dengan kelompokknya agar memudahkan para siswa-siswi mencari buku yang diinginkan. Adapun kegiatan inti dari pengabdian ini yaitu memberikan edukasi kepada siswa dan siswi di SDN Jatimulyo 5 yang meliputi edukasi mengenai semangat literasi dengan memberdayakan dan mengoptimalkan Kembali perpustakaan sekolah, memberikan edukasi terkait semangat budaya, edukasi kesenian, edukasi kreativitas, edukasi kewarganegaraan, edukasi kebersamaan dengan masyarakat sekolah, edukasi kebudayaan serta sosialisasi terkait dengan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan bekerja bakti bersama. Dengan terlaksanakan kegiatan inti kami di SDN Jatimulyo 5 kami berharap edukasi yang kami sampaikan dapat menambah ilmu untuk siswa serta siswi dan dapat di terapkan di kehidupan sehari – hari.

Kegiatan penutupan acara kegiatan Program Pengabdian Masyarakat (PMM) oleh kelompok 80 di SDN Jatimulyo 5 yang pertama adalah pembuatan bucket oleh siswa dan siswi yang di bombing oleh kelompok 80. Kemudian melakukan kerajinan tangan, yang dimana keduanya dilakukan untuk menambah kreatifitas siswa-siswa SDN Jatimulyo 5. Kegiatan yang selanjutnya adalah kerja bakti. Kerja bakti PMM UMM dilakukan dengan membersihkan lingkungan sekitar sekolah yang dilakukan secara gotong royong. Kami melakukan kegiatan untuk mengajak siswa dan siswi agar tetap menjaga lingkungan. Menjaga kebersihan adalah salah satu dari iman oleh karena itu mahasiswa UMM mengajak masyarakat melakukan kerja bakti bersama-sama untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat agar terhindar dari penyakit. Kegiatan setelah kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah ialah menanam pohon dan minum jus Bersama. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kebersamaan warga sekolah.

Kegiatan akhir adalah acara penutupan yang dilakukan mulai jam 08.00-11.00 di SDN Jatimulyo 5. Acara dimulai dengan pembukaan oleh pembicara kemudian masuk pada acara inti yakni pentas seni oleh siswa kelas 6 Pearlliya Izzatillah menyanyikan lagu Runtuh-Feby Putri. Acara selanjutnya adalah pembacaan puisi oleh siswa kelas 6 Evieta Zafirah Ifana dengan tema Sumpah Pemuda yang di tutup dengan pentas seni teater oleh siswa-siswi kelas 4 yang bertemakan Anti Bullying. Setelah berpamitan kepada seluruh guru dan siswa-siswi, para mahasiwa juga memberikan cenderamata sebagai ucapan terimakasih karena telah diizinkan melakukan kegiatan PMM di SDN Jatimulyo 5 dan dibantu menyukseskan kegiatan selama melaksanakan PMM.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian dan Pengabdian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melalui Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 80  Gelombang 10 dengan Dosen Pembimbing Lapang (DPL) Ardik Praharjo, S.AB., M.AB.

Sorry, you cant copy SERU.co.id!