Pentingnya Peran Seorang Guru dalam Membangun Karakter Siswa yang Terdidik, Terampil dan Beretika

Penulis: Ananda Fiqri Sanjani
Universitas Negeri Malang

Peran seorang guru sangatlah penting untuk mendidik murid agar menjadi generasi penerus yang dapat berguna bagi kehidupan bangsa dan negaranya. Hal ini tentu saja tidak lepas dari metode mengajar serta bagaimana seorang guru dalam menyampaikan bahan ajaran kepada siswa agar dapat diterima dengan baik.  Pentingnya menerapkan metode mengajar yang baik dan benar sangatlah berpengaruh untuk membantu para siswa mengembangkan potensinya di bangku sekolah sebelum terjun ke masyarakat dan dunia kerja. Untuk menyeimbangkan antara pengetahuan dan kemampuan untuk bersosialisasi di masyarakat, maka seorang guru juga perlu memberikan bekal kepada siswa berupa etika, karena dengan etika inilah siswa bisa menjadi manusia yang bermanfaat sekaligus memanusiakan manusia lainnya. 

Dalam kacamata saya, saat ini banyak siswa yang terdidik namun tidak terampil, begitu juga dengan sebaliknya. Menurut saya, hal ini terjadi karena terdapat stigma yang beranggapan bahwa siswa yang memiliki nilai yang bagus adalah siswa yang pintar dan memiliki masa depan yang cerah, padahal belum tentu demikian. Terkadang siswa yang disepelekan dan sering mendapat nilai yang lebih rendah dari teman-temannya bisa menjadi seorang yang sukses setelah lulus dari bangku sekolah. Hal ini berarti memiliki nilai yang sempurna bukan sebuah jaminan jika kehidupannya akan sejahtera. Namun, seorang guru juga harus bisa mengkondisikan pola pikir siswanya agar tidak terlalu menganggap remeh pelajaran yang sedang ia pelajari tersebut. Seorang guru harus bisa menanamkan pola pikir bahwa apa saja yang akan dipelajari di sekolah, pasti ada salah satu yang akan berguna nanti ketika siswa tersebut telah lulus dari sekolah itu. Dari sini bisa dilihat jika seorang guru harus bisa memberikan metode mengajar yang membuat siswa menjadi nyaman dalam belajar dan merasa dihargai setiap hal yang dikerjakannya agar mereka dapat terus meningkatkan kemampuannya baik dari segi pelajaran atau pun ketrampilan. 

Hal lain yang tak kalah penting untuk diajarkan oleh seorang guru kepada muridnya adalah etika. Tidak dapat dipungkiri jika saat ini sudah terjadi penurunan etika dikalangan generasi penerus bangsa. Tentunya hal ini akan berpengaruh terhadap ilmu yang ia dapat bisa menjadi tidak berkah karena tingkah lakunya. Apalagi ketika mereka telah lulus dan terjun ke kalangan masyarakat. Etika yang baik perlu ditekankan kepada siswa agar dapat menghormati orang yang lebih tua dari mereka. Percuma jika mereka bisa menjadi lulusan terbaik namun memiliki perangai yang buruk, maka mereka sama saja tidak menjadi apa-apa. Namun dari sisi lain, terdapat juga seorang guru yang haus akan rasa hormat yang membuat siswa menjadi bertingkah seenaknya. 

Perlunya menyadari jika seorang guru itu menjadi suri tauladan bagi siswanya, maka seorang guru harus mencerminkan sifat-sifat yang positif agar dapat ditiru oleh siswanya. Jika seorang guru mampu menjadi suri tauladan yang baik, maka siswa yang ia didik juga akan menjadi generasi penerus bangsa yang berguna bagi masyarakat, namun masih ada beberapa guru yang tidak mau melaksanakan hal ini. Maka dari itu, seorang guru perlu juga untuk mengevaluasi dirinya agar mampu membimbing siswanya ke jalan yang benar. Jadi dapat disimpulkan jika peran guru sangatlah penting dalam membangun karakter siswa agar dapat menjadi generasi penerus yang bermanfaat bagi bangsa dan negaranya.

Sorry, you cant copy SERU.co.id!