PENTINGNYA MENJAGA FLEXIBILITAS TUBUH; PMM MAHASISWA UMM SOSIALISASI CARA STRETCHING SAAT SENAM KEPADA ANAK PANTI ASUHAN SITI HAJAR, KOTA MALANG

Writer : Riza Daeng S

Malang, 5 Juni 2022 kelompok kegiatan pengabdian masyarakat mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang melakukan sosialisasi mengenai cara menjaga flexibilitas tubuh dengan stretching. Kelompok PMM mahasiswa UMM ini melakukan kegiatan di panti asuhan Siti Hajar Kota Malang yang bertempat di Jln Bunga Srigading Dalam No 52, Jatimulyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur. Panti Asuhan ini memiliki anak asuh sebanyak kurang lebih 30 anak dengan usia anak-anaknya berkisar antara 5-12 tahun. Kami pun merencanakan beberapa program kerja yang kurang lebih 1 bulan akan kami lakukan di panti asuhan Siti Hajar. 

Dimulai sejak 5 Juni saat kami resmi melakukan pembukaan kegiatan PMM di panti asuhan Siti Hajar, kami pun mulai melaksanakan program kerja yang telah direncanakan. Di hari pertama tersebut kami melakukan pembagian handsanitizer, mengingat pentingnya penggunaan handsanitizer dimasa peralihan pasca pandemic sebagai tindakan pencegahan. Selain itu kami juga memberikan edukasi berupa belajar membaca, menghitung, dan juga membuat lomba cerdas cermat sederhana serta rangkaian kegiatan menarik lainnya. 

Kegiatan sehari-hari anak panti terbilang tidak begitu banyak, untuk itu, sangat penting untuk meningkatkan aktivitas fisik anak-anak agar kebugaran tubuh pun terjaga. Aktivitas fisik yang dapat dilakukan bisa berupa aktivitas fisik terprogram seperti stretching dan senam. Kami pun memberikan senam selama 30 menit kepada anak-anak panti asuhan Siti Hajar yang mana selama senam kami mensosialisasikan mengenai Gerakan-gerakan stretching sederhana yang bisa dilakukan kapan saja. 

PPM Mahasiswa UMM Sosialisasi Cara Streatching saat Senam Kepada Anak Panti Asuhan Siti Hajar, Kota Malang

Stretching atau peregangan otot adalah aktivitas yang dilakukan untuk menjaga otot-otot tubuh tetap lentur, kuat dan, sehat. Sekalipun pada dasarnya anak-anak memiliki kebugaran yang baik, namun kekurangan aktivitas fisik dapat mempengaruhi kebugaran yang dimiliki.  Selain itu, manfaat stretching juga baik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan berbagai sendi tubuh. Stretching di sela aktivitas sehari-hari juga sangat berguna untuk meningkatkan aliran darah pada otot di area tersebut, sehingga membuat tubuh terasa lebih nyaman. Stretching juga dapat membantu dalam mencegah dan memperbaiki bad postur atau postur tubuh yang salah. Bahkan stretching juga dapat membuat kita lebih tenang dan tidak stress.  

Kegiatan ini berjalan sangat lancar, mengingat antusias dan semangat anak-anak panti asuhan Siti Hajar yang sangat besar dalam mengikuti kegiatan ini. Kami pun sangat mengapresiasi pihak panti yang dengan sukarela memberi kami ruang untuk menginterpretasikan pengetahuan kami kepada anak-anak panti asuhan Siti Hajar, bahkan kami pun bisa mendapat kesempatan besar untuk belajar mengenai banyak hal yang baru. Kedepannya, kami berharap semoga program-program kerja yang kami buat dapat bermanfaat khususnya pada pihak panti asuhan Siti Hajar, Kota Malang. 


Baca juga: