Pengembangan Sistem Administrasi Desa Berbasis Online di Desa Wonoayu

Salma Auliannisa’
Universitas Muhammadiyah Malang

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa yang dilakukan oleh Mahasiswa UMM kelompok 97 ini, mempunyai program kerja yang terbilang menarik. Dimana kelima anggotanya yang berada di prodi Informatika ini merencanakan pengembangan system administrasi desa berbasis online. Program ini bermula dari kebutuhan perangkat desa terhadap system yang dapat membantu pengurusan pelayanan dokumen penting.

Kepala Desa Wonoayu, Wajak mengatakan bahwa beliau ingin warga desanya dapat mengurus dokumen penting dengan tetap dirumah saja mengingat peraturan pemerintah untuk tetap social distancing guna menekan angka penyebaran virus COVID-19. Selain itu, Bu Wina selaku Kepala Desa Wonoayu berharap bahwa nantinya system ini juga mampu meringankan pekerjaan perangkat desa dalam pengurusan dokumen penting yang diajukan oleh warganya.

Pengembangan Sistem Administrasi Desa Berbasis Online di Desa Wonoayu

Sistem yang dibangun oleh Kelompok PMM UMM 97 ini, tidak hanya melayani pengurusan dokumen penting, namun system ini juga mencakup data statistic desa, informasi singkat tentang desa, galeri, dan berita terupdate mengenai Desa Wonoayu. Sistem yang dibangun menggunakan laravel ini memerlukan pengerjaan kurang lebih 25 hari sampai benar-benar bisa diakses pada laman pencarian internet.

Besar harapan dari Mahasiswa PMM UMM kelompok 97 agar system ini terus digunakan untuk keperluan pelayanan sehingga dapat membantu meringankan  pekerjaan perangkat desa serta membantu warga Desa Wonoayu untuk tetap dirumah saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *