Pemkot Malang Kuatkan Kolaborasi Guna Capai Target 100 Persen Vaksinasi

Malang, SERU.co.id – Pemerintah Kota Malang berkomitmen mempercepat capaian vaksinasi untuk membentuk kekebalan komunal (herd immunity, red) 100 persen. Salah satunya melalui vaksinasi kolaborasi semua pihak.

Walikota Malang, Drs H Sutiaji mengungkapkan, target 100 persen keseluruhan masyarakat Kota Malang telah tervaksin dapat tercapai di akhir tahun 2021. Selain Pemkot Malang mengupayakan vaksin, juga harus didukung oleh masyarakat sebagai penerima.

“Ini juga sudah mendekati target, karena didukung kesadaran masyarakat yang tinggi,” seru Sutiaji, dalam webinar ‘Vaksinasi Sebagai Upaya Herd Immunity Menuju Kehidupan Normal’, di NCC Balaikota Malang, Kamis (14/10/2021).

Perihal sinergi dan kolaborasi, herd immunity melalui vaksinasi perlu dibangun atas dasar kesadaran, baik pemerintah, jajaran samping, masyarakat, tenaga kesehatan (nakes), serta relawan.

Menurutnya, negara selaku pemangku kebijakan harus hadir memberikan jaminan kesehatan. Guna mengurangi ancaman krisis karena pandemi covid-19.

“Bagaimana kita harus bersatu dan bersama untuk mengkolaborasikan peran serta dari seluruh komponen bangsa. Untuk memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakat,” ujar pria politisi partai berlambang bintang mercy ini, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif.

Turut hadir, Komandan Kodim 0833, Letkol Arm Ferdian Primadhona, Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto, dan dr Syifa Mustika, SpPD KGEH selaku narasumber.

Selanjutnya, Walikota Sutiaji berharap, agar kolaborasi bersama yang telah terjalin di Kota Malang dapat terus dikuatkan. Guna bersama memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

“Bicara vaksin dan vaksinasi, sinergi dengan Kapolresta, Dandim, dan jajaran nakes sudah lengkap. Tinggal bagaimana supaya kita membangun dan menguatkan kerja sama itu,” tuturnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0833, Letkol Arm. Ferdian Primadhona mengutarakan, vaksinasi menjadi benteng untuk menghadapi covid-19 ini. Karenanya jajaran Kodim 0833 turut berupaya mendukung pemerintah daerah untuk mewujudkan kekebalan komunal di Kota Malang.

“Kodim saat ini bekerjasama dengan Forkopimda, senantiasa berupaya meningkatkan vaksinasi dan menekan covid. Ini tidak lepas dari kerjasama kita semua. Kasus covid turun karena upaya-upaya kita bersama,” terangnya.

Senada, Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto menyampaikan, hal yang selaras yaitu dibutuhkan kolaborasi dan kerja sama untuk mencapai kekebalan komunal di Kota Malang. Pencapaian-pencapaian vaksinasi ini yang utama dapat menekan penyebaran covid yang ada di wilayah Kota Malang.

“Kami dari Polresta ini merupakan bagian dari tugas kami, membantu pemerintah dalam hal ini penuntasan covid,” ujar pria lulusan Akpol tahun 2000 ini. (jaz/rhd)


Baca juga: