Pemkab Jember Bantu Penyandang Disabalitas Ditengah Pandemi

Jember, SERU.co.id – Penyandang disabilitas atau penyandang keterbatasan fisik/mental, menerima bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember dan Dinas Sosial Jember. Penyerahan langsung diserahkan Bupati Hendy Siswanto, didampingi Plt. Kepala Dinas Sosial Jember, Widi Prasetyo. Bantuan sosial (bansos) diserahkan kepada perwakilan warga difabel Jember, Kusbandono, Senin (2/8/2021).

Bupati Hendy mengatakan, Pemkab Jember akan memberikan bansos kepada seluruh warga terdampak Covid-19 termasuk warga difabel. Serta pemerataan pelaksanaan vaksinasi bagi warga difabel.

“Kita akan salurkan bantuan kepada seluruh warga difabel di Kabupaten Jember, tinggal menunggu datanya ini berapa. Pendataannya dibantu saudara Kusbandono, termasuk untuk target vaksinasi,” seru Bupati Hendy Siswanto.

Bansos tersebut berupa paket beras seberat 5 kilogram, berasal dari Kemensos RI. Bupati juga akan memberikan BLT kepada warga difabel.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Hendy juga mengumumkan, Pemkab Jember menyediakan swab gratis yang akan dibuka di seluruh puskesmas di Kabupaten Jember. Dengan harapan diadakannya swab gratis ini, warga Jember mau melaksanakan swab. Agar penyebaran virus covid-19 ini bisa teratasi dengan baik dan cepat.

“Saya berharap seluruh masyarakat Jember mau dilakukan swab. Dan kami akan buka di seluruh puskesmas, menerima swab gratis mulai jam 08.00–12.00 setiap hari,” ungkapnya.

Bupati Jember bersama warga disabilitas dan jajaran Dinsos. (ist) - Pemkab Jember Bantu Penyandang Disabalitas Ditengah Pandemi
Bupati Jember bersama warga disabilitas dan jajaran Dinsos. (ist)

Masyarakat perlu memiliki pemahaman tentang penyandang disabilitas di masa adaptasi kebiasaan baru. Dimana disabilitas memerlukan pendampingan untuk bisa survive di tengah pandemi seperti saat ini.

Bupati berharap, warga difabel tetap semangat melawan pandemi ini dan seluruh warga Jember bisa membantu pemerintah melawan Covid-19. Dengan disiplin protokol kesehatan (prokes), serta patuh terhadap peraturan pemerintah dalam penanganan covid-19. (yas/rhd)


Baca juga: