Pemerintahan Jokowi Perlu Dorong Penerapan Trilogi Maritim

JAKARTA, SERU.co.id – Gagasan Trilogi Maritim sebagai strategi pengembangan kemaritiman di Tanah Air harus diikuti dengan fokus pada aspek kebijakan dan tata kelola (governance), khusunya sektor-sektor yang berorientasi komersial. 

“Pemerintah perlu lebih aktif mendorong adanya sinergi dan kolaborasi ketiga unsur yang ada dalam konsep trilogi maritim yaitu standarisasi pelabuhan, aliansi pelayaran, dan industri yang terakses baik dengan pelabuhan,” ujar Pakar Kemaritiman dari ITS Saut Gurning dalam keterangan persnya kemarin.

Menurutnya, selain itu pemerintah juga perlu lebih berpartisipasi dalam hal finansial dengan mengeluarkan kebijakan fiskal di bidang jasa kepalabuhanan serta penganggaran pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Sementara bagi wilayah jasa yang non-komersial partisipasi pemerintah perlu aktif dan hadir dalam urusan penyediaan biaya kapital bagi insfrastruktur dermaga, peralatan bongkar-muat, sumber daya manusia (SDM), hingga armada kapal serta infastruktur. 

Baca Juga: