Pelantikan Kepala Daerah Ditunda

Jabatan Walikota Blitar Bakal Diisi Pelaksana Harian

Blitar, SERU.co.id – Pelantikan Bupati/Walikota terpilih di 17 kabupaten/kota di Jawa Timur dipastikan akan diundur dari jadwal semula 17 Februari 2021. Hal ini lantaran masih menunggu keputusan sengketa pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK). Ada tiga daerah di Jatim yang masih proses sengketa di MK. Diantaranya Pilkada Kota Surabaya, Pilkada Banyuwangi dan Pilkada Lamongan.

Penundaan pelantikan tersebut, membuat posisi Walikota Blitar mengalami kekosongan sampai jadwal pelantikan yang direncanakan akan dilaksanakan 26 Februari mendatang. Pasalnya, masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Blitar periode 2016-2021 berakhir pada 17 Februari 2021.

Walikota Blitar sekaligus Walikota Blitar terpilih, Santoso mengatakan, untuk mengisi kekosongan jabatan Wali Kota Blitar, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, telah menunjukan Pelaksana harian (Plh) untuk mengisi kekosongan jabatan wali kota.

“Sesuai instruksi  Gubernur Jatim, Plh Wali Kota akan dijabat oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Blitar,” kata Santoso, Selasa (16/2/2021).

Santoso menegaskan, meski dipimpin Plh untuk sementara, roda pemerintahan di Kota Blitar tetap akan berjalan normal.

“Yang pasti roda pemerintahan akan tetap berjalan sampai menunggu pelantikan 26 Februari nanti,” tandasnya. (fjr/mzm)

Sorry, you cant copy SERU.co.id!