Pekarangan Pangan Lestasi (P2L) Solusi Ketahanan Pengan Ditengah Pandemi Covid-19

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang Gelombang 14 Kelompok 20 Pada hari kamis, 17 Desember 2020 melakukan Pelatihan P2L di RT.32 RW.02, kec.Seruyan Hilir, kab.Seruyan, Kalimantan Tengah. Rumah Ibu Sukarmi menjadi tempat pelatihan tersebut. P2L ini merupakan kegiatan yang memanfaatkan pekarangan rumah sebagai lahan untuk bercocock tanam komoditas tanaman pangan yang hasilnya bisa sebagai bahan untuk dikonsumsi sendiri  atau bisa di jual belikan. Pandemi covid-19 membuat banyak orang menjadi kehilangan pekerjaan dan susah nya mencari pekerjaan, kegiatan ini sangat membantu untuk asupan makanan dan tambahan penghasilan. Sasaran dari kegiatan ini adalah ibu-ibu rumah tangga yang berkegiatan lebih banyak di rumah dan menyalurkan hobby yang bercocok tanam melalui kegiatan ini.

Pelatihan ini mengedukasi ibu-ibu dalam pengolahan tanah ,penyemaian bibit ,hingga perawatan yang benar .

Ibu-ibu sedang melakukann penyemaian bibit - Pekarangan Pangan Lestasi (P2L) Solusi Ketahanan Pengan Ditengah Pandemi Covid-19
Ibu-ibu sedang melakukann penyemaian bibit
Pekarangan Pangan Lestasi (P2L) Solusi Ketahanan Pengan Ditengah Pandemi Covid-19
Partisipasi ibu –ibu rumah tangga RT 32
Pekarangan Pangan Lestasi (P2L) Solusi Ketahanan Pengan Ditengah Pandemi Covid-19

Saya memilih melakukan PMM di seruyan atau di tanah kelahiran saya karena saya ingin mengembangkan daerah saya yang di mana minimnya kegiatan pertanian yang dilaksanakan oleh wanita dan juga menciptakan lapangan pekerjaan untuk ibu rumah tangga. Harapan saya kedepan nya setelah pelatihan ini di laksanakan, P2L ini terus berkembang dan memotivasi ibu rumah tangga lainnya.

Penulis : Risda Suwandi, Mahasiswi Agribisnis UMM
Dosen Pembimbing : M. Zul Mazwan, S.P,. M.Sc

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *