Pacu Minat Olahraga Disabilitas, NPCI Kabupaten Malang Gelar Malang Paragame Eksibisi

Malang, SERU.co.id – Dalam menampung minat olahraga bagi para penyandang disabilitas di Kabupaten Malang, National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) akan menggelar kejuaraan Malang Paragame Eksibisi (MPE). Kejuaraan tersebut bakal digelar, 17 dan 24 Juli 2022, di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang dan di Kolam Renang Bonderland, Pakisaji.

Ketua NPCI Kabupaten Malang, Yulian Agung Effrata mangatakan, tujuan utama dari kejuaraan tersebut, untuk menggali bibit atlet-atlet disabilitas yang tersebar di Kabupaten Malang. Dia juga mengungkapkan, jika kejuaraan tersebut pertama kali digelar sejak NPCI terbentuk.

“Jadi sasaran kami adalah menggali potensi teman-teman disabilitas. Sekiranya tidak pernah keluar atau yang tidak pernah olahraga bisa berolahraga,” seru Agung, saat sosialisasi MPE, di Hotel Tugu Malang, Rabu (22/6/2022).

Seperti diketahui, jika penyandang disabilitas di Kabupaten Malang sebanyak 13.366 jiwa. Sehingga dengan adanya lomba tersebut, wadah resmi bagi peminatan olahraga tersebut dapat dirasakan oleh penyandang disabilitas.

“Disini kita juga menggali data dari dinsos, terkait pernyataan 13 ribu itu. Karena disamping kita selain kumpul bareng, harus ada prestasi untuk persiapan di kejuaraan-kejuaraan selanjutnya,” imbuhnya.

Agung juga mengaku, jika atlet yang dinaungi oleh NPCI sendiri sebelumnya telah meraih beberapa prestasi di ajang kejuaraan tingkat nasional. Kedepan, dirinya juga berharap untuk lebih memunculkan bibit-bibit unggul.

“Misalnya di Peparnas XVI Papua kemarin kami mengirimkan dua atlet dari cabor bulu tangkis dan renang, hingga mendapatkan tiga medali. Harapan kami kedepannya untuk cabor yang lain bisa diikutsertakan,” harap Agung.

Ketua NPCI Kabupaten Malang, Yukian Agung Effrata, saat memberikan sambutan pada sosialisasi MPE. (bim) - Pacu Minat Olahraga Disabilitas, NPCI Kabupaten Malang Gelar Malang Paragame Eksibisi
Ketua NPCI Kabupaten Malang, Yukian Agung Effrata, saat memberikan sambutan pada sosialisasi MPE. (bim)