OJK dan Bank Jatim Sambangi SMPN 5 Kota Malang

Malang, SERU.co.id – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Bank Jatim dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) memberikan sosialisasi dan edukasi keuangan kepada siswa-siswi SMPN 5 Kota Malang, Senin (15/8/2022).

Kegiatan yang bertajuk “Kejar Prestasi Generasi Muda Indonesia (KREASI MUDA)” ini bertujuan untuk menumbuhkan daya kreatif, inovatif dan inklusif di kalangan generasi muda. Selain kegiatan sosialisasi edukasi keuangan, dilakukan juga pembukaan rekening simpanan bagi para pelajar (Simpel).

“Ini adalah kegiatan rutin yang kita lakukan bersama Perbankan, dunia pendidikan dan juga dengan OJK. Tujuannya yang paling utama adalah meningkatkan inklusi keuangan, khusunya untuk generasi muda, di level anak-anak sekolah,” Kepala OJK Malang, Sugiarto Kasmuri.

Dengan diselenggarakannya kegiatan ini di kalangan generasi muda, pihaknya berharap dapat meningkatkan pengetahuan atau literasi keuangan. Hal ini juga dapat dimanfaatkan bagi para siswa sekolah agar menjangkau pengetahuan terkait dunia Perbankan.

“Jadi bagaimana mengelola uang, bagaiman- mereka menggunakan uangnya, termasuk di dalamnya bagimana mereka bisa menyimpan uangnya dengan aman melalui perbankan,” imbuhnya.

Dia juga mengatakan, yang tidak kalah pentingnya output kegiatan tersebut yaitu bagaimana menguatkan budaya gemar menabung bagi para generasi muda. Hal ini juga agar menjadi stimulus bagi anak-anak muda agar tidak memiliki budaya yang bersifat konsumtif.

“Kembali lagi juga untuk anak-anak agar tidak cenderung memiliki budaya konsumtif. Kalau mereka punya budaya senang menyimpan uang tentunya secara ototmatis budaya konsumtif itu berkurang, jadi tujuannya secara tidak langsung ke arah sana,” kata Kepala OJK Malang tersebut.

Kepala OJK Malang, secara simbolis memberikan rekening tabungan simpanan pelajar Bank Jatim ke salah satu siswi. (bim) - OJK dan Bank Jatim Sambangi SMPN 5 Kota Malang
Kepala OJK Malang, secara simbolis memberikan rekening tabungan simpanan pelajar Bank Jatim ke salah satu siswi. (bim)

Sorry, you cant copy SERU.co.id!