Nakes Akan Disuntik Vaksin Dosis Ketiga dengan Moderna

Jakarta, SERU.co.id – Pemerintah akan memberikan booster vaksin atau suntikan ketiga bagi para tenaga kesehatan (nakes). Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, vaksin yang akan digunakan untuk dosis ketiga itu adalah Moderna.

“Kami sudah berdiskusi dengan BPOM dan ITAGI sebagai penasihat independen mengenai vaksinasi ini, dan sudah menyetujui bahwa vaksinasi ketiga akan diberikan menggunakan vaksin Moderna,” kata Budi, Jumat (9/7/2021).

Budi menyatakan, nakes merupakan kelompok rentan yang harus terlindungi dari covid-19, terutama dengan adanya varian baru yang kasusnya terus meningkat. Vaksin dosis ketiga dinilai perlu bagi nakes agar memberikan kekebalan tubuh.

“Mereka harus kita lindungi mati-matian agar bisa konsentrasi bekerja,” ujarnya.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto menambahkan, sebanyak 1,47 juta tenaga kesehatan akan menerima suntikan vaksin Moderna.

“Ini diharapkan booster bisa dilakukan untuk 1,47 tenaga kesehatan yang tentunya kita diharapkan ini bisa meningkatkan imunitas daripada tenaga kesehatan kita yang ada di frontline,” seru Airlangga.

Vaksin Moderna rencananya akan tiba di Indonesia pada Minggu (11/7/2021) dari Amerika Serikat. BPOM menyebut, vaksin Moderna ampuh melawan mutasi virus corona seperti Alpha, Beta, P1 Gamma, dan B117. (hma/rhd)


Baca juga: