MUI Sukun Ajak Pola Hidup Sehat & Tangguh Hadapi Covid-19

Malang, SERU.co.id – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Sukun Kota Malang menggelar “Pembinaan Pola Hidup Sehat dan Tangguh Menghadapi Covid-19”, di PPAI Ponpes Darul Istiqomah II, jalan Kemantren I RT 10 RW 3, Bandungrejosari, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Rabu (16/9/2020).

Sekitar 139 peserta cukup antusias mendengarkan arahan dan pembinaan oleh narasumber Sekretaris MUI Kota Malang Drs M Nursalim, MPd, dan Kepala Puskesmas Janti Endang Listyowati, serta tokoh masyarakat (tomas) setempat. Tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Kepala Puskesmas Janti Endang Listyowati, menyampaikan arahannya terkait pencegahan dan penanggulangan bahaya Covid-19, serta pemulangan warga dari rumah sakit. Upaya-upaya protokol kesehatan apa saja yang harus di lakukan, sehingga situasi dan kondisi tetap aman dan nyaman

“Untuk pencegahannya, cukup dengan pola hidup sehat, menjaga kebersihan, makan makanan yang bergizi, menjaga jarak dan senantiasa terbiasa memakai masker,” ungkap Endang.

Dihimbau kepada masyarakat untuk mengadaptasi kebiasaan baru dan menerapkan protokol kesehatan. “Jaga diri dan orang-orang di sekitar agar tetap sehat. Dengan menerapkan protokol kesehatan, anda juga menjaga diri dan orang-orang di sekitar agar tetap sehat,” tandasnya.

Para peserta menyimak pemaparan narasumber. (ist)
Para peserta menyimak pemaparan narasumber. (ist)

Sementara itu, Sekretaris MUI Kota Malang Drs M Nursalim, MPd, mengatakan, pandemi Covid-19 merupakan qadarullah Allah SWT untuk mengingatkan hambanya. “Tentunya, selain ikhtiar, yang utama juga berdoa kepada Allah SWT agar diberi kesehatan dan virus Corona segera sirna,” ungkapnya.

Sejumlah tokoh masyarakat juga turut hadir, di antaranya Sekretaris Komisi D DPRD Kota Malang H Rokhmad SSos, Camat Sukun I. K. Widi E. Wirawan SSos, MM, dan Ketua MUI Kecamatan Sukun KH Muhammad Rifai, serta pengurus yang lain.

Sekretaris Komisi D DPRD Kota Malang H Rokhmad SSos, mengapresiasi kepedulian MUI Kecamatan Sukun dalam pembinaan pola hidup sehat dan tangguh menghadapi Covid-19 ini. Rokhmad memberikan motivasi kepada peserta untuk selalu menjaga iman dan imun ditengah pandemi Covid-19.

Baca juga:   Peduli Lingkungan, Pertamina Dukung Konservasi Penyu Lekang di Bajulmati

“Menjaga iman itu dengan sering berdoa sholat agar rohani ini terus terbina. Sedangkan menjaga imun itu dengan sering mencuci tangan, berolahraga, makan yang bergizi dan sadar memakai masker bila keluar rumah,” ungkap Rokhmad.

Wakil Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Malang ini juga melemparkan joke-joke segar dan pantun sindiran:

Pergi kenduri disajikan ketan
Makan segera tak perlu malu
Mari bersama jaga kesehatan
Semoga wabah ini segera berlalu

Di pantai ada mercusuar
Penerang untuk kapal tanker
Bila kita terpaksa pergi keluar
Jangan lupa memakai masker
(rmd/rhd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *