Muhadjir Sebut Bansos Beras Baru di Pandeglang Akibat Kehujanan

Jakarta, SERU.co.id – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kemanusiaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan, bantuan sosial beras yang serupa dengan batu di Pandeglang, Banten, sebab kehujanan. Ia menegaskan, beras itu telah diganti dengan beras yang layak kepada penerima bansos.

“Sebetulnya memang sudah diketahui beras itu tidak bagus karena kena hujan dan sudah disisihkan, dan sudah diganti dengan beras yang baik,” kata Muhadjir.

Ia mengatakan, penggantian beras tidak disorot. Ia pun meminta pihak terkait untuk tidak menurunkan kualitas beras bansos dan mengikuti kualitas medium plus.

“Jangan sampai kita enggak mau makan, beras itu kita berikan ke orang lain. Karena itu berasnya medium yang kita tetapkan dan musti medium plus, bukan medium minus,” imbuhnya.

Bansos beras mirip batu. (ist) - Muhadjir Sebut Bansos Beras Baru di Pandeglang Akibat Kehujanan
Bansos beras mirip batu. (ist)

Selain itu, ia juga meminta tengkulak tidak memainkan harga gabah yang telah ditetapkan pemerintah. Mantan Mendikbud itu mendorong pemerintah daerah untuk melakukan modernisasi mesin giling gabah agar beras yang dihasilkan lebih baik.

Sebelumnya, warga di Pandeglang, Banten mengeluhkan beras bansos yang dikirimkan melalui PT Pos Indonesia tidak layak makan. Bahkan, bentuk beras yang diterima warga bulat berwarna kecoklatan seperti batu.

Warga menerima bantuan itu dengan karung bertuliskan ‘Bantuan Beras PPKM 2021’ dan ‘Beras Bulog Medium 10kg’. Pihak Bulog juga mengkonfirmasi senada dengan Menko PMK. Perum bulog mengatakan beras tersebut telah diganti dengan kualitas bagus. (hma/rhd)


Baca juga: