Minuman Sehat ‘Lattein’, Antioksidan Kombinasi Biji Mahoni dan Susu Kedelai

Malang, SERU.co.id – Latte umumnya merupakan kombinasi antara kopi dan susu full cream. Komposisi tersebut membuat latte tinggi lemak yang dikhawatirkan membawa dampak buruk, jika dikonsumsi terus-menerus.

Menyadari potensi tinggi lemak, tim mahasiswa Polinema beranggotakan Rahayuningtyas, Irrine Friska Panganti, Rizzal Fierdhiansyach Pratama, dan Via Febriati dari Program Studi D-IV Keuangan, serta Afif Syaifuddi dari Program Studi D-III Teknik Kimia. Menawarkan ide menggunakan kombinasi bahan latte dari biji mahoni dan susu nabati dari kedelai.

“Lattein atau Latte Biji Mahoni, menjadi varian latte dengan kombinasi bahan baku biji mahoni dan susu nabati dari kedelai. Menjadikan manfaat latte sebagai minuman antioksidan yang sehat dan aman dikonsumsi. Cocok dikonsumsi saat pandemi covid-19,” seru Rahayuningtyas, mewakili rekan-rekannya.

Menurutnya, penggunaan biji mahoni dalam latte bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan biji mahoni yang selama ini belum cukup banyak dimanfaatkan. Maka dari itu, temuan inovasi minuman Latte Biji Mahoni (Lattein) dituangkan melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Biji mahoni mengandung berbagai zat kimia yang sangat bermanfaat sebagai kesehatan. Ada 3 kandungan utama pada biji mahoni, yaitu flavonoid, saponin dan alkaloid. Selain itu dapat memperbaiki sistem peredaran darah, pencernaan, saraf dan pernafasan; meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sistem endokrin.

Proses pembuatan Lattein biji mahoni. (ist) - Minuman Sehat 'Lattein', Antioksidan Kombinasi Biji Mahoni dan Susu Kedelai
Proses pembuatan Lattein biji mahoni. (ist)

Dimulai dengan diskusi internal tim, dilanjutkan pembelian bahan dan alat proses produksi, pemasaran dan penjualan produk. Kegiatan produksi Lattein dilakukan di kampus Polinema,  sementara penyimpanan produk dan penjualan dipusatkan di tempat tinggal salah satu tim.

“Selain lolos PKM, kami berharap usaha inovasi Latte Biji Mahoni ini terus tumbuh dan berkembang. Dan menjadi usaha bisnis yang lebih besar, sehingga bisa menciptakan lapangan kerja bagi diri sendiri dan orang lain,” ungkap Dr Dra Anik Kusmintarti, MM, dosen pendamping tim Lattein.

Selain itu, produk Lattein dapat diproduksi dan dipasarkan sebagai minuman sehat kekinian yang tinggi akan antioksidan. Tersedia dalam tiga varian rasa, yaitu original, matcha dan vanila. (rhd)


Baca juga: