Menuju Kota Bebas Rabies, Ratusan Hewan Peliharaan Divaksin

MalangSERU.co.id – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) melakukan vaksin rabies ke ratusan hewan peliharaan. Masyarakat sangat antusias terlihat dari jumlah yang datang ke pelaksanaan vaksinasi.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dispangtan, drh Anton Pramujiono menjelaskan, total dari 200 lebih hewan peliharaan telah divaksin. Sementara hari ini, 20 vaksin disuntikkan ke hewan peliharaan.

“Alhamdulillah mereka punya kesadaran terhadap kesehatan hewan peliharaan. Terutama terhadap penyakit yang bersifat zoonosis, penyakit menular dari hewan ke manusia, dan sebaliknya,” seru drh Anton Pramujiono, Selasa (5/10/2021).

Menurutnya, tujuan vaksinasi kali ini untuk memperkenalkan bahwa Kota Malang dalam status bebas rabies. Sehingga upaya ini untuk mempertahankan status bebas melalui vaksinasi tersebut.

“Bebas rabies ini salah satu kegiatan vaksinasi gratis. Sosialisasi tanggal 27 September, dilanjut pada hari H World Rabies Day-nya tanggal 28-29 September 2021,” ujarnya.

Terkait laporan rabies, pihaknya mengaku, secara umum belum ada, dan akan mengadakan survei  terkait informasi kepada masyarakat kalau ada kasus segera lapor. Kemudian kalau ada gigitan anjing dan kucing maupun kera, juga bisa melapor ke dinas.

“Supaya ada tindak lanjut dari dinas untuk menangani hewan tersebut terjangkit rabies atau tidak. Alhamdulillah memang ada penggigitan sih kemarin itu, cuma setelah kita observasi ternyata negatif,” drh Anton Pramujiono. (jaz/rhd)


Baca juga: