Mendagri Lantik 5 PJ Gubernur

Jakarta, SERU.co.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik lima Penjabat (PJ) Gubernur pada Kamis (12/5/2022) di Kantor Kemendagri. Kelimanya akan bertugas di Banten, Kepulauan Bangka Belitung, Sulawesi Barat, Gorontalo, dan Papua Barat.

“Bersediakah Saudara-saudara mengucapkan sumpah atau janji sesuai agama masing-masing?,” tanya Tito dalam pelantikan.

Para PJ akan bertugas untuk sementara menggantikan gubernur-wakil gubernur yang habis masa jabatannya. Mereka bertugas hingga ditetapkannya kepala daerah baru pada hasil Pilkada 2024.

Berikut lima PJ yang diangkat oleh Mendagri Tito Karnavian.

  1. Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan di Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) Paulus Waterpauw sebagai penjabat gubernur Papua Barat.
  2. Sekda Pemprov Banten Al Muktabar sebagai Penjabat Gubernur Banten.
  3. Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik sebagai Penjabat Gubernur Sulawesi Barat.
  4. Dirjen Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ridwan Jamaludin sebagai Penjabat Gubernur Bangka Belitung.
  5. Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Hamka Hendra Noer sebagai Penjabat Gubernur Gorontalo.

Sebagai informasi, terdapat 101 pengganti kepala daerah yang harus disiapkan karena masa jabatannya telah habis. Rincian kepala daerah pengganti adalah 7 gubernur, 76 bupati, dan 18 wali kota. (hma/rhd)


Baca juga: