Manfaatkan Gerbu, Baznas Salurkan 1.250 Paket Isoman dan 250 Paket Healty Kit

MalangSERU.co.id – Pemkot Malang melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Malang) mendistribusikan Paket Logistik & Healty Kit bagi Warga Isolasi Mandiri (Isoman) dan Relawan Pemulasaraan Covid-19. Total sekitar 1.250 sembako dan 250 paket kesehatan.

Walikota Malang, Drs H Sutiaji menuturkan, dana tersebut diambilkan sementara dari Gerakan Seribu (Gerbu) dari ASN. Berisi paket sembako bagi isoman dan paket healty kit bagi tim pemulasaraan jenazah covid-19.

“Sementara ini ada 1.250 untuk masing-masing kelurahan dan 250 masuk ke BPBD,” seru Sutiaji, di Gazebo Balaikota Malang, Kamis (22/7/2021).

Lebih lanjut, tujuan pemberian paket sembako tidak lain memberikan support kepada warga isoman. Karena belum bisa keluar rumah, untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, terutama bahan pokok makanan.

“Bagaimana yang terdampak isoman dan ekonominya, kami kuatkan jaminan sosial dan bantuan sosial,” papar pria kelahiran Lamongan ini.

Senada, Kepala Baznas Kota Malang, Sulaiman mengatakan, memberikan dukungan sebagai bentuk kepedulian kepada warga isoman, dengan 1.250 paket sembako berisi beras, minyak, susu, dan seterusnya.

Karena keterbatasan, lanjut Sulaiman, anggaran yang dikeluarkan tidak terlalu besar bila dibandingkan sebaran isoman. Beberapa paket disebar ke 57 kelurahan,  sehingga belum mencukupi secara keseluruhan.

“Sangat kecil, anggaran biayanya sekitar Rp200 juta. Sangatlah kecil kalau dibandingkan luasan wilayah Kota Malang,” ungkap Sulaiman.

Kepala Baznas Kota Malang, Sulaiman, menjelaskan jumlah bantuan paket. (jaz) - Manfaatkan Gerbu, Baznas Salurkan 1.250 Paket Isoman dan 250 Paket Healty Kit
Kepala Baznas Kota Malang, Sulaiman, menjelaskan jumlah bantuan paket. (jaz)

Sulaiman menambahkan, kemampuan dari Baznas sementara hanya sekali ini disalurkan. Diambil dari ‘Gerbu’ total saat ini dalam satu tahun sekitar Rp250 jutaan.

“Kita sudah mengeluarkan Rp 150 juta untuk itu, dan ini (untuk isoman-nakes) senilai Rp 200 juta,” ungkapnya.

Pihaknya menjelaskan, pendistribusian akan melalui kecamatan, akan diteruskan ke masing-masing kelurahan. Per kecamatan ada sekitar 250 paket sembako, dan 11 sampai 12 paket per kelurahan.

“Semoga bisa mensupport lagi, insyaallah. Sudah disampaikan ke Pak Wali, agar lebih banyak lagi yang ikut berpartisipasi untuk didistribusikan kepada isoman,” pungkasnya kepada SERU.co.id. (jaz/rhd)


Baca juga: