Mahfud MD: Kelompok Sambo Seperti Punya Kerajaan di Polri

Jakarta, SERU.co.id – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, tersangka pembunuhan Irjen Ferdy Sambo merupakan sosok yang ditakuti di internal kepolisian. Menurut Mahfud, Ferdy Sambo bahkan ditakuti oleh jenderal bintang tiga yang berada di atasnya secara struktural.

Dalam video Mahfud di channel Youtube Akbar Faizal Uncensored, Mahfud menyebut, Sambo seperti memiliki kerajaan sendiri di Polri. Terlebih, jabatannya sebagai Kadiv Propam membuatnya memiliki kekuasaan yang besar di dalam kepolisian.

“Yang jelas, ada hambatan-hambatan di dalam secara struktural ya, karena ini tidak bisa dimungkiri ini ada kelompok Sambo sendiri ini yang seperti menjadi kerajaan Polri sendiri di dalamnya.” seru Mahfud, dikutip Kamis (18/8/2022).

Kelompok Sambo ini berani menyembunyikan kasus kematian Brigadir J dari Kapolri. Tak hanya itu, kasus-kasus lain juga disembunyikan oleh kelompok ini. Seperti diketahui puluhan anggota polisi diperiksa terkait kasus pembunuhan Brigadir J.

“Seperti sub-Mabes-lah ini yang sangat berkuasa dan ini yang menghalang-halangi sebenarnya. Kelompok ini yang jumlahnya 31 orang itu yang sekarang sudah ditahan,” ujarnya.

Oleh karena hal tersebut, Mahfud memandang, perlu adanya pembenahan dalam tubuh institusi Polri. Ia berpendapat, harus ada pembagian kewenangan yang setara dalam di kepolisian.

Lebih lanjut, Mahfud telah menyampaikan hal itu kepada Polri. Terkhusus, kasus yang berkaitan dengan Sambo, yang menurutnya, terbagi dalam tiga klaster.

Sorry, you cant copy SERU.co.id!