Mahasiswa PMM UMM Berikan Sosialisasi Pola Pikir Positif di Panti Asuhan

MALANG – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) lakukan sosialisasi terkait pentingnya “Pola Pikir Positif” di Panti Asuhan Akhlaqul Karimah, Kelurahan Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang (19/12/2021).

Sosisalisasi tersebut merupakan rangkaian kegiatan dari Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) yang dilakukan oleh Kelompok 3 Gelombang 18 di panti asuhan yang terletak di perumahan Joyo Grand tersebut. Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa kampus putih ini merupakan sosialisasi secara langsung mengenai pola pikir positif kepada anak-anak panti asuhan. Pola pikir positif disini dapat berupa rasa percaya diri, inisiatif, ketekunan, kreativitas, kepemimpinan, keberanian, sikap pantang menyerah, dan juga bersabar. Sosialisasi ini bertujuan agar anak-anak panti asuhan memiliki jiwa yang kuat dan memiliki kepribadian yang matang dan berkarakter.

Dokementasi sosialisasi kepada anak-anak panti asuhan. (Foto: dokumen ribadi) - Mahasiswa PMM UMM Berikan Sosialisasi Pola Pikir Positif di Panti Asuhan
Dokementasi sosialisasi kepada anak-anak panti asuhan. (Foto: dokumen pribadi)

Rozzy, selaku ketua koordinator kelompok PMM ini menyampaikan bahwa, pentingnya menerapkan pola pikir positif dalam kehidupan sehari-hari adalah, bahwa ketika kita menerapkan pola pikir positif dalam diri kita, maka hal itu akan membuat kita memiliki rasa percaya diri dalam diri masing-masing, itu akan membuat kita menjadi pribadi yang tangguh dalam menghadapi segala masalah.

“Sosialisasi pola pikir positif ini bertujuan agar anak-anak panti asuhan dapat memiliki pikiran yang positif, sehingga membuat mereka belajar untuk melihat atau menghadapi segala sesuatu yang terjadi dari sudut pandang yang positif” tegas Rozzy.

Dengan diadakannya sosialisasi mengenai “Pola Pikir Positif” di Panti Asuhan Akhlaqul Karimah ini, kelompok PMM yang dibimbing langsung oleh Dosen Pembimbing Lapang (DPL) Yaris Adhial Fajrin, S.H., M.H. ini berharap penerapan pola pikir positif dapat terus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari anak-anak panti asuhan.

Berpikir positif merupakan aktivitas berpikir yang dilakukan dengan tujuan untuk membangun dan membuktikan aspek positif pada diri baik itu yang berupa potensi, semangat, tekad maupun keyakinan diri kita sehingga memunculkan perasaan, perilaku dan hal yang baik dan telah menjadi sebuah sistem berpikir yang mengarahkan dan membimbing seseorang untuk meninggalkan hal-hal negatif yang bisa melemahkan semangat perubahan dalam jiwanya. Maka seseorang yang memiliki pola pikir positif akan membawa orang tersebut mencapai kesuksesan dan keberhasilan.